Hari Jadi ke 37, Sanggar Tari Prigel Luncurkan Tari Dolalak Sekaring Jagad

- Selasa, 24 Mei 2022 | 09:02 WIB
Peringatan hari jadi ke-37 Sanggar Tari Prigel ditandai dengan peluncuran Tari Dolalak Sekaring Jagad di Ganesha Convention Hall Purworejo (SM/Hafidz Kurnia)
Peringatan hari jadi ke-37 Sanggar Tari Prigel ditandai dengan peluncuran Tari Dolalak Sekaring Jagad di Ganesha Convention Hall Purworejo (SM/Hafidz Kurnia)

PURWOREJO, suaramerdeka-kedu.com - Hari jadi Sanggar Tari Prigel Purworejo diperingati dengan peluncuran Tari Dolalak Sekaring Jagad di Ganesha Convention Hall Purworejo. Sanggar Tari Prigel Purworejo kini genap berusia 37 tahun tepat pada 20 Mei 2022.

Dalam kesempatan itu juga disajikan beragam tari tradisional oleh para siswa Sanggar Tari Prigel serta bazar produk UMKM.

Even berlangsung meriah dihadiri antara lain Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti, Kabid Kebudayaan Dindikbud Purworejo Dyah Woro Setyaningsih, Ketua Paguyuban Muda Ganesha Dwi Wahyu Atmaji, serta sejumlah pemerhati seni dan budaya.

Pimpinan Sanggar Tari Prigel, Melania Sinaring Putri, mengemukakan setiap insan memiliki cara tersendiri untuk bersyukur, tak terkecuali Sanggar Tari Prigel yang telah berusia 37 tahun.

Pada usia ini, Prigel telah sedikit banyak berkontribusi untuk mempertahankan kesenian dan budaya bangsa.

"Kita patut bersyukur di tengah banyaknya budaya luar yang masuk dan mempengaruhi kehidupan kita saat ini, masih banyak peminat seni maupun orang tua yang mengarahkan anaknya untuk belajar kesenian," sebutnya, Senin (23/5).

Diungkapkan, Prigel yang didirikan oleh ibundanya, Untariningsih, pada 20 Mei 1985, kini telah mengalami perkembangan pesat dan semakin mendapat kepercayaan dari masyarakat. Hal itu terbukti dari banyaknya jumlah peserta didik dari tahun ke tahun.

“Saat ini Prigel memiliki sekitar enam pelatih atau instruktur yang selalu setia melatih anak-anak. Sebelum pandemi jumlah siswa aktif sekitar 200 siswa, saat ini yang aktif 140 siswa," ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa Tari Dolalak Sekaring Jagad yang diluncurkan merupakan tarian garapan dari Tari Dolalak.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kota Magelang Mulai Lakukan Vaksinasi PMK

Selasa, 28 Juni 2022 | 19:23 WIB

Jamaah Haji Sapu Jagad Diberangkatkan

Senin, 27 Juni 2022 | 09:05 WIB

Pemkot Magelang Canangkan 11 Kampung Religi

Minggu, 26 Juni 2022 | 18:56 WIB

Kabupaten Magelang Dapat Alokasi 500 Vaksin PMK

Jumat, 24 Juni 2022 | 13:16 WIB
X