2 Sapi Suspek PMK Ditemukan di Magelang

- Senin, 23 Mei 2022 | 15:05 WIB
Seorang warga sedang melihat spanduk imbauan penyakit mulut dan kuku di Pasar Hewan Muntilan, Senin (23/5). (Suara Merdeka/Birru Rakaitadewa)
Seorang warga sedang melihat spanduk imbauan penyakit mulut dan kuku di Pasar Hewan Muntilan, Senin (23/5). (Suara Merdeka/Birru Rakaitadewa)

MAGELANG, SUARA MERDEKA - Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magelang menemukan dua sapi diduga mengidap penyakit mulut dan kuku (PMK).

Satu sapi masih diambil sampel dan dites oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Jawa Tengah, sedangkan satunya sudah dipotong.

"Kami sudah menemukan dua sapi suspect penyakit mulut dan kuku pada Minggu (22/5)," ungkap Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Dispeterikan) Kabupaten Magelang Joni Indarto saat dihubungi Suara Merdeka, Senin (23/5).

Joni mengatakan kedua sapi tersebut ditemukan di pasar hewan di Kecamatan Salam dan Grabag.

Baca Juga: Cegah PMK, Polres Purworejo Pantau Semua Pasar Hewan

Di pasar pertama sapi didatangkan dari Pasar Hewan Muntilan. Diduga hewan ini berasal dari Boyolali. Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Jawa Tengah saat ini masih mengetes sampel PMK dari hewan ini.

Sedangkan sapi yang ditemukan di Kecamatan Grabag berasal dari Pasar Hewan Ambarawa. Dispeterikan sudah memotong hewan ini pada hari ini.

Atas temuan tersebut, Dispeterikan pun menutup seluruh pasar hewan di wilayahnya mulai 24 Mei-6 Juni 2022. Adapun pasar hewan berada di Kecamatan Grabag, Salam, Kaliangkrik, Salaman, Borobudur, Ngablak, Pakis, Windusari, dan Muntilan.

"Kami akan membuat surat edaran yang ditujukan kepada Dinas Pertanian, karena punya penyuluh. Kemudian para camat agar bisa menyosialisasikan pencegahan dan ciri-ciri PMK yang bisa menyerang sapi, kambing, kerbau, dan domba," paparnya.

Baca Juga: Ratusan Hewan Ternak Tidak Terdeteksi PMK

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

Jamaah Haji Sapu Jagad Diberangkatkan

Senin, 27 Juni 2022 | 09:05 WIB

Pemkot Magelang Canangkan 11 Kampung Religi

Minggu, 26 Juni 2022 | 18:56 WIB

Kabupaten Magelang Dapat Alokasi 500 Vaksin PMK

Jumat, 24 Juni 2022 | 13:16 WIB
X