Ditjen Pendidikan Vokasi Teken Perjanjian dengan DUDI

- Jumat, 20 Mei 2022 | 15:59 WIB
Penekenan perjanjian kerja sama antara Ditjen Pendidikan Vokasi dan DUDI di Hotel Puri Asri Magelang, Jumat (20/5). (Suara Merdeka/Asef Amani)
Penekenan perjanjian kerja sama antara Ditjen Pendidikan Vokasi dan DUDI di Hotel Puri Asri Magelang, Jumat (20/5). (Suara Merdeka/Asef Amani)

MAGELANG, SUARA MERDEKA – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Vokasi meneken perjanjian kerja sama dengan enam perusahaan dan satu lembaga nirlaba, Jumat (20/5).

Bertempat di Hotel Puri Asri Magelang, perjanjian ditandatangani oleh Childfund International, PT Komatsu Indonesia, PT Pegadaian, PT Tira Austenite, PT Educa Sisfomedia Indonesia (Gamelab), Oracle Academy, dan PT Commeasure Solutions Indonesia (Reddoorz).

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Kemendikbud Ristek, Wikan Sakarinto mengatakan, perjanjian kerja sama ini langkah awal penguatan soft skillhard skill, dan pengenalan budaya kerja bagi peserta didik vokasi.

Baca Juga: Kain d'JeLiPat SMK 3 Magelang Kantongi Hak Merek

Menurutnya pendidikan vokasi memiliki posisi strategis untuk mencetak tenaga kerja terampil yang sesuai standar industri.

"Dengan semakin banyaknya industri yang terlibat, diharapkan mampu mendorong DUDI [dunia usaha, dunia industri] lainnya untuk turut berkontribusi terhadap pendidikan vokasi," ujarnya.

Wikan menyebut tahun ini ada 5.554 SMK yang menerapkan kurikulum Merdeka Belajar, atau 70 persen dari total SMK di Indonesia. Menurut dia kurikulum ini sesuai dengan kebutuhan industri.

Baca Juga: IFW 2022, SMK 3 Magelang Tampilkan d'JeLiPat

"Kurikulum dibuat dengan project base learning. Murid betul-betul menggarap proyek pesanan industri, sehingga tuntutan pun tinggi. Justru siswa akan merasakan langsung tekanan dari konsumen baik dari kualitas, kuantitas, maupun ketepatan waktu. Bahkan, bisa jadi siswa akan menghadapi komplain," terang dia.

 

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

KPPN Magelang Serahkan DIPA dan Alokasi TKD 2023

Jumat, 9 Desember 2022 | 16:14 WIB

Pembangunan Puskesmas Bejen Molor

Jumat, 9 Desember 2022 | 15:26 WIB

DPRD Dorong Perbup Disabilitas Segera Dibuat

Rabu, 7 Desember 2022 | 13:16 WIB

Pemkot Magelang Raih SAKIP Predikat BB

Selasa, 6 Desember 2022 | 17:28 WIB
X