Pelaku IKM Kota Magelang Ikuti Pelatihan Produksi Olahan Makanan

- Rabu, 18 Mei 2022 | 15:16 WIB
Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz (berdiri) memberikan sambutan kepada para peserta pelatihan produksi olahan makanan di Hotel Puri Asri, Rabu (18/5). (Dokumentasi Prokompim Kota Magelang)
Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz (berdiri) memberikan sambutan kepada para peserta pelatihan produksi olahan makanan di Hotel Puri Asri, Rabu (18/5). (Dokumentasi Prokompim Kota Magelang)

MAGELANG, SUARA MERDEKA - Sebanyak 30 pelaku industri kecil menengah (IKM) mengikuti pelatihan produksi olahan makanan yang diadakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Magelang, 18-19 Mei 2022. Pelatihan digelar di Hotel Puri Asri Magelang.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Magelang, Catur Budi Fajar Purnomo mengatakan, pelatihan ini bertujuan memberikan informasi dan tambahan pengetahuan kepada pelaku IKM makanan soal potensi olahan makanan.

Terutama, katanya, makanan jenis roti dan kue yang bisa dikembangkan dari produk-produk yang selama ini sudah ada di Kota Magelang.

"Diharapkan kepada IKM untuk dapat menggunakan kreativitas masing-masing guna menggali potensi yang dapat dimaksimalkan untuk disediakan di Kota Magelang dan mungkin merambah ke sekitar Kota Magelang," ujarnya dalam keterangan tertulis Pemkot Magelang, Rabu (18/5/2022).

Baca Juga: Pelatihan Kerja dari Rodanya Mas Bagia Sudah Dimulai

Selain materi berupa teori ataupun praktik, Catur bilang pelatihan juga diisi dengan kunjungan ke perusahaan bidang kuliner. Menurutnya ini agar peserta mendapat inspirasi dan motivasi mengembangkan usaha jadi lebih besar.

Wali Kota Magelang, Muchamad Nur Aziz mengungkapkan, Disperindag tak hanya memberi pelatihan tapi melakukan pendampingan agar keinginan pelaku IKM dan pemerintah bisa terwujud.

"Saya memang selalu menganjurkan, IKM di Kota Magelang harus punya izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT). Kemudian, kebutuhan pemkot bisa dicukupi dari IKM maupun UMKM sendiri," katanya.

Baca Juga: Gandeng PMI Kebumen, Gereja Kristen Jawa Gelar Pelatihan Pemulasaran Jenazah

Menurut Aziz pelatihan produksi olahan makanan adalah langkah awal atau stimulus bagi pelaku IKM bersaing di tingkat global. Aziz pun meminta para peserta melek teknologi, salah satunya pemasaran secara digital.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

SMA N 3 Magelang Kini Miliki Layanan Digitalisasi

Kamis, 1 Desember 2022 | 19:30 WIB

'Symphony Rindu' ala Ketep Summit Fest Digelar Besok

Kamis, 1 Desember 2022 | 09:00 WIB

Gebyar Literasi Matansa Songsong HAB Kemenag

Rabu, 30 November 2022 | 15:57 WIB

MTs 1 Kebumen Rebut 1.168 Medali di Event MIO

Rabu, 30 November 2022 | 15:54 WIB

Pemuda Desa Nampudadi Dilatih Jurnalistik

Rabu, 30 November 2022 | 15:52 WIB
X