Siapkan Koleksi Produksi Plasma, UDD PMI Kebumen Dikunjungi BPOM

- Senin, 16 Mei 2022 | 20:00 WIB
Tim visitasi BPOM (kanan) memberi arahan di markas PMI Kebumen, Jumat (14/5). (SM/Arif Widodo)
Tim visitasi BPOM (kanan) memberi arahan di markas PMI Kebumen, Jumat (14/5). (SM/Arif Widodo)
 
 
KEBUMEN, suaramerdeka-kedu.com - Menyusul kesiapan koleksi produksi plasma, Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kebumen mendapat kunjungan asesor atau visitasi dari Tim Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Pusat, Jumat (13/5).
 
Tim yang datang dari pusat dan Semarang itu diterima langsung oleh Ketua PMI Kebumen Sabar Irianto didamping Sekretaris PMI Mukhsinun, Kepala UDD Sri Fahawati dan seluruh staf UDD.
 
Dari tim pusat Nursaadah dan Nurul Hilalussodik Al Fauzazzani, sedangkan satu lagi, Suhriyah dari BPOM Semarang. Dalam paparannya, mereka memberikan arahan mengenai asistensi regulasi terkait cara pengolahan pembuatan obat yang baik (CPOB). Termasuk kesiapan collecting site plasma (koleksi produksi plasma). 
 
"Regulasi CPOB ini tentu bisa menjadi masukan dan semangat teman-teman. Berkaca dari UDD Kabupaten Lumajang yang kecil saja mampu dalam satu tahun menjadi collecting site plasma, apalagi ini UDD PMI Kebumen," ujar Nursaadah.
 
 
Pihaknya pun optimistis akan ada perubahan dan tindak lanjut dari UDD PMI Kebumen dalam menyiapkan koleksi produksi plasma.
 
Kepala UDD PMI Kebumen Sri Fatmahwati mengemukakan, kunjungan tersebut dilakukan untuk menyongsong kesiapan UDD PMI Kabupaten Kebumen sebagai produksi koleksi plasma.
 
“Diharapkan dari visitasi ini, UDD PMI Kebumen memenuhi standar koleksi produksi plasma sesuai ketentuan yang berlaku. Teman-teman juga jadi lebih paham seperti apa standar-standar yang diterapkan dalam penyediaan darah berkualitas," terangnya.
 
Tahapnya mulai dari rekruitmen pendonor, pengambilan darah, screening darah maupaun distribusi darah ke rumah sakit yang tetap aman tanpa merusak komponen darah yang ada, sampai dimasukkan ke pasien yang membutuhkan. 

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berikut Daftar Juara Magelang Innovation Award 2022

Senin, 5 Desember 2022 | 21:30 WIB

Intip Fasilitas Hotel Royal Malioboro

Senin, 5 Desember 2022 | 19:25 WIB

Harga Racun yang Dibeli Dhio untuk Bunuh Keluarganya

Senin, 5 Desember 2022 | 12:00 WIB

Grebeg Gunungan Tutup Ketep Summit Fest 2022

Minggu, 4 Desember 2022 | 20:00 WIB

Kota Magelang Raih Anugerah Meritokrasi dari KASN

Minggu, 4 Desember 2022 | 19:07 WIB

SMA N 3 Magelang Kini Miliki Layanan Digitalisasi

Kamis, 1 Desember 2022 | 19:30 WIB

'Symphony Rindu' ala Ketep Summit Fest Digelar Besok

Kamis, 1 Desember 2022 | 09:00 WIB
X