Okupansi Hotel dan Homestay Wonosobo Capai 100 Persen

- Jumat, 6 Mei 2022 | 15:29 WIB

WONOSOBO, suaramerdeka-kedu.com - Okupansi hotel dan homestay di Wonosobo mencapai 100 persen pada libur lebaran tahun ini. Beberapa hotel sampai terpaksa menolak tamu yang hendak menginap. Tingginya tingkat hunian tersebut diprediksi terjadi hingga Minggu (8/5) mendatang.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Wonosobo Soni Cahyadi menjelaskan mayoritas tamu yang datang dari Jakarta dan Jawa Timur. Sedangkan lama tinggal atau length of stay rata-rata satu sampai dua malam.

Dia menambahkan okupansi tahun ini meningkat dibandingkan sebelumnya yang berada di angka 75 persen. Hal ini disebabkan karena pelonggaran peraturan dari pemerintah yang memperbolehkan mudik.

"Bahkan akhirnya terpaksa kami juga menolak banyak tamu karena sudah full," kata Soni kepada Suara Merdeka, kemarin.

Dia mengimbau pada para pelaku usaha akomodasi untuk tetap mematuhi prokes sebab tak dipungkiri bahwa covid masih ada. Pelayanan juga hal yang harus selalu ditingkatkan agar wisatawan mendapat kesan baik ketika tinggal di Wonosobo.

"Semoga pandemi lekas hilang dan roda ekonomi semakin berkembang. Sebab banyak pelaku usaha di sini yang bergantung dengan pariwisata," imbuh Soni yang juga Owner Tirta Arum Serem Hotel.

Ditemui secara terpisah General Manager Front One Harvest Hotel Wonosobo Yoshi Sukendar mengatakan tingkat hunian di hotel tersebut mencapai 90 persen sejak H- 2 dan H-1 lebaran. Pun demikian pada saat hari keempat Idul Fitri dan hari ini Jumat (6/5) yang bahkan mencapai 100 persen.

"Kami beberapa kali menolak tamu karena memang sudah full booked," tutur Yoshi di sela-sela kerjanya.

Yoshi menambahkan banyak tamu yang datang dari luar Wonosobo seperti Yogyakarta, Semarang, Karawang dan Cikarang. Namun ada juga yang ternyata tamu lokal, mereka sengaja menginap untuk staycation.

Kendati demikian, Harvest Front One tidak memberlakukan surcharge atau biaya tambahan pada musim libur panjang, melainkan dengan sistem yielding untuk menentukan rate.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

Kemenkeu Jateng, Paparkan Kinerja Positif APBN 2022

Jumat, 27 Januari 2023 | 19:03 WIB

Polda Jateng Mulai Uji Coba Drone Tilang Elektronik

Jumat, 27 Januari 2023 | 18:07 WIB

Realisasi PAD Kota Magelang Naik Signifikan

Jumat, 27 Januari 2023 | 17:00 WIB

Barongsai Sebagai Simbol Pembawa Berkah

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:09 WIB

Sedapnya Kue Keranjang Imlek Balutan Daun Pisang

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:04 WIB
X