Tumpukan Sampah Terserak di Eks TPS Muntilan

- Jumat, 6 Mei 2022 | 13:38 WIB
Tumpukan sampah yang berserakan di eks TPS Muntilan, dekat Pasar Baru Ponalan, Dusun Ponalan, Desa Tamanagung, Kecamatan Muntilan, Jumat (6/5). (Suara Merdeka/Birru Rakaitadewa)
Tumpukan sampah yang berserakan di eks TPS Muntilan, dekat Pasar Baru Ponalan, Dusun Ponalan, Desa Tamanagung, Kecamatan Muntilan, Jumat (6/5). (Suara Merdeka/Birru Rakaitadewa)

MAGELANG, SUARA MERDEKA - Tumpukan sampah berserakan tampak jelas di eks Tempat Penampungan Sementara (TPS) Muntilan, dekat Pasar Baru Ponalan, Dusun Ponalan, Desa Tamanagung, Kecamatan Muntilan.

Pantauan Suara Merdeka, bungkus-bungkus makanan dan minuman, limbah sisa sayuran, hingga koper menumpuk di luar eks TPS Muntilan. Sampah-sampah ini berserakan di tepi jalan desa.

Menurut Oktaviana (21), warga sekitar yang mengontrak rumah tepat di sebelah eks TPS Muntilan, tumpukan sampah sudah ada sebelum Lebaran 2022. Dia bilang pada 1 Januari 2022 eks TPS Muntilan ini sudah ditutup.

"Ini (tumpukan sampah) dari sebelum Lebaran soalnya nggak dijaga. [...] Orang DPU nggak pernah kasih tahu kapan mau dijaga lagi," ujarnya saat ditemui, Jumat (6/5).

Baca Juga: Beli Takjil Dengan Sampah di Pasar Uwuh, Bawa Semangat Peduli Lingkungan

Kebanyakan orang membuang sampah sembarangan di tempat itu, lanjut Oktaviana, pada malam hari.

Kepala Bidang Pengendalian Dampak dan Penataan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Magelang, Joni Budi Hermanto mengonfirmasi bahwa eks TPS Muntilan telah ditutup sejak Januari 2022.

"(Eks TPS Muntilan) sudah lama kami tutup karena menjadi tempat pembuangan sampah liar dan tidak memungkinkan untuk kami jaga 24 jam," ungkapnya saat dihubungi.

Baca Juga: Satpol PP Pasang Spanduk Larangan Buang Sampah di Eks TPS Setro

Joni menambahkan penutupan tempat itu dilakukan sewaktu ia menjabat Plt Kepala UPTD Pengelolaan Sampah DLH Kabupaten Magelang.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

Pemkot Magelang Canangkan 11 Kampung Religi

Minggu, 26 Juni 2022 | 18:56 WIB

Kabupaten Magelang Dapat Alokasi 500 Vaksin PMK

Jumat, 24 Juni 2022 | 13:16 WIB

Untidar akan Menggelar Pemilihan Rektor

Kamis, 23 Juni 2022 | 20:39 WIB

37 Desa Di Temanggung Serentak Pilkades

Kamis, 23 Juni 2022 | 10:45 WIB
X