Pemkab Akan Bangun RSUD Tipe D Di Rest Area Dadirejo

- Jumat, 6 Mei 2022 | 06:50 WIB
Rest Area Desa Dadirejo, Kecamatan Bagelen yang nantinya akan dijadikan rumah sakit tipe D (SM/Hafidz Kurnia)
Rest Area Desa Dadirejo, Kecamatan Bagelen yang nantinya akan dijadikan rumah sakit tipe D (SM/Hafidz Kurnia)

PURWOREJO, suaramerdeka-kedu.com - Pemerintah Kabupaten Purworejo merencanakan pembangunan rumah sakit tipe D di wilayah perbatasan antara Purworejo dan Jogjakarta.

Hal ini dilakukan mengingat diwilayah tersebut tepatnya di Desa Dadirejo Kecamatan Bagelen yang notabene berbatasan dengan Kabupaten Kulon Progo Jogjakarta belum memiliki fasilitas kesehatan yang representatif.

Bupati Agus Bastian menjelaskan sebenarnya  rencana pembangunan rumah sakit tipe D di wilayah Dadirejo sudah sejak lama digulirkan. Namun rencana tersebut urung dilaksanakan karena berbagai hal seperti adanya pandemi Covid-19.

"Rumah sakit tipe D merupakan rumah sakit tipe terendah yang tingkatannya berada di atas puskesmas," katanya, Rabu (4/5).

Menurutnya, rumah sakit tersebut akan dibangun di tanah yang sekarang ini menjadi rest area. Rest area tersebut dinilai kurang maksimal manfaatnya, sehingga akan dialihfungsikan untuk rumah sakit.

"Sudah ada puskesmas memang, tapi kan kalau keadaan darurat dan puskesmas tidak sanggup biasanya akan dibawa ke wilayah DIY. Nah inilah kewajiban dan tanggungjawab kita sebagai pelayan masyarakat," jelasnya.

Pembangunan tersebut juga untuk mempermudah masyarakat dalam menjangkau fasilitas kesehatan di daerahnya sendiri yakni di Kabupaten Purworejo. Proses Pembangunan tersebut rencananya akan dilakukan pada tahun 2022 hingga tahun 2023 mendatang.

"Secepatnya akan kita realisasikan," sebutnya.

Baca Juga: Ansor Banser Purworejo Buka Posko Mudik Lebaran di Lima Zona

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPPN Magelang Serahkan DIPA dan Alokasi TKD 2023

Jumat, 9 Desember 2022 | 16:14 WIB

Pembangunan Puskesmas Bejen Molor

Jumat, 9 Desember 2022 | 15:26 WIB

DPRD Dorong Perbup Disabilitas Segera Dibuat

Rabu, 7 Desember 2022 | 13:16 WIB

Pemkot Magelang Raih SAKIP Predikat BB

Selasa, 6 Desember 2022 | 17:28 WIB
X