Untidar Mulai Bangun Laboratorium Terpadu

- Sabtu, 30 April 2022 | 19:12 WIB
Rektor Universitas Tidar, Mukh Arifin meletakkan batu pertama pembangunan Laboratorium Terpadu di wilayah Sidotopo, Kecamatan Magelang Utara, Kamis (28/4) kemarin. (Dokumentasi Humas Univeritas Tidar)
Rektor Universitas Tidar, Mukh Arifin meletakkan batu pertama pembangunan Laboratorium Terpadu di wilayah Sidotopo, Kecamatan Magelang Utara, Kamis (28/4) kemarin. (Dokumentasi Humas Univeritas Tidar)

MAGELANG, SUARA MERDEKA - Universitas Tidar (Untidar) memulai pembangunan Laboratorium Terpadu yang ditandai dengan peletakan batu pertama, Kamis (28/4) kemarin. Gedung ini akan berisi 11 laboratorium pembelajaran dan riset.

Dalam siaran pers yang diterima Suara Merdeka, Sabtu (30/4), Laboratorium Terpadu akan berisi lab pengolahan daging dan ikan; pengolahan kopi dan kakao; genetika dan reproduksi ternak; pengolahan susu; pakan dan nutrisi hewan; serta pemijahan dan bioteknologi tanaman.

Kemudian, lab kimia; agronomi dan fisiologi; fisika dan matematika; biologi dan ekologi; dan mikrobiologi.

Rektor Untidar, Mukh Arifin mengatakan, Laboratorium Terpadu ditujukan untuk kegiatan pembelajaran Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan (FKIP) dan Fakultas Pertanian (Faperta).

Baca Juga: Untidar Beri Piagam Penghargaan kepada UKM

Lab pembelajaran untuk program studi Pendidikan IPA dan Pendidikan Biologi pada FKIP serta program studi Agroteknologi, Akuakultur dan Peternakan pada Faperta. Sementara lab riset untuk pengembangan produk-produk pertanian dan peternakan khas Magelang seperti kopi, susu, dan ketela.

"Pembangunan Laboratorium Terpadu [...] di wilayah Sidotopo, Kecamatan Magelang Utara. Pembangunan ini menggunakan skema pendanaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) dengan total Rp32.622.375.000," jelasnya.

Pejabat pembuat komitmen pembangunan, Jaka Isgiyarta menuturkan, Laboratorium Terpadu berdiri di tanah seluas lebih kurang 4000 meter persegi. Gedung ini terdiri atas lima lantai, dilengkapi rubanah (basement) untuk parkir motor dan kantin.

Baca Juga: Untidar Berikan Bantuan Rp12,8 Juta kepada Anak Yatim

"Tahap perencanaan pembangunan Laboratorium Terpadu dilaksanakan oleh PT Arupadatu Kreasi Tama. Konsultan Manajemen Kontruksi oleh PT. Pola Dwipa. Pengerjaan pembangunan akan dilaksanakan oleh PT Satriamas Karyatama dan diperkirakan selesai pada akhir November 2022," papar Jaka yang juga Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Untidar.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

Read Aloud Magelang Resmi Dilaunching

Minggu, 29 Januari 2023 | 21:55 WIB

Panglima TNI Tinjau Kantor Pemkot Magelang

Minggu, 29 Januari 2023 | 17:05 WIB

Kemenkeu Jateng, Paparkan Kinerja Positif APBN 2022

Jumat, 27 Januari 2023 | 19:03 WIB

Polda Jateng Mulai Uji Coba Drone Tilang Elektronik

Jumat, 27 Januari 2023 | 18:07 WIB

Realisasi PAD Kota Magelang Naik Signifikan

Jumat, 27 Januari 2023 | 17:00 WIB

Barongsai Sebagai Simbol Pembawa Berkah

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:09 WIB

Sedapnya Kue Keranjang Imlek Balutan Daun Pisang

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:04 WIB
X