Puncak Arus Mudik di Purworejo Diprediksi H-2, Polres Siapkan Strategi Pengalihan Lalu Lintas

- Kamis, 28 April 2022 | 11:13 WIB
Suasana Pos Terpadu Lebaran Tahun 2022 di Desa Dadirejo, Kecamatan Bagelen yang masih terlihat sepi (SM/Hafidz Kurnia)
Suasana Pos Terpadu Lebaran Tahun 2022 di Desa Dadirejo, Kecamatan Bagelen yang masih terlihat sepi (SM/Hafidz Kurnia)

PURWOREJO, suaramerdeka-kedu.com - Puncak arus mudik di Kabupaten Purworejo diprediksi terjadi pada H-2 lebaran Idul Fitri. Oleh karena itu, Polres Purworejo telah menyiapkan strategi pengalihan jalur di beberapa titik rawan kemacetan di Kabupaten Purworejo.

Kanit Gakum Satlantas Polres Purworejo, Iptu Eko Rosdianto saat ditemui di Pos Terpadu Lebaran 2022, Desa Dadirejo, Kecamatan Bagelen menjelaskan, untuk arus mudik saat ini masih terpantau landai dari semua jalur mudik yang ada di Purworejo.

"Lalu lintas menjelang lebaran lancar terkendali. Puncaknya diperkirakan pada H-2 lebaran. Kita sudah siapkan 4 Pos Pam dan 1 Pos Terpadu, serta 1 pos pelayanan di stasiun Kutoarjo," ungkapnya, Rabu (27/4).

Dikatakan, beberapa jalur yang diprediksi terjadi kemacetan pada puncak arus mudik diantaranya, Jalan KH Ahmad Dahlan depan Swalayan Jodo, pasar Baledono, depan Swalayan Laris, Kecamatan Kutoarjo dan Simpang 4 Kutoarjo.

"Pengalihan arus lalulintas dalam kota, kendaraan besar yang boleh melintas hanya kendaraan sembako, yang lainnya lewat Ring Road Utara," katanya.

Untuk kemacetan yang dari arah Kutoarjo nantinya kendaraan akan dalihkan ke Jalur Pansela. Jalur ini menjadi jalur yang sangat disarankan untuk pemudik, karena jalurnya yang masih sepi dan pemandangan pantai yang menarik.

"Jalur Pansela ini statusnya Jalan Nasional, untuk menghindari kemacetan di tengah kota Purworejo sebaiknya para pemudik bisa melewati jalur ini," katanya.

Di Jalur sepanjang 21 Km tersebut juga tersedia sekitar 5 Rest Area yang tersebar di sepanjang jalan. Tidak hanya didukung oleh pemandangan yang bagus, para pemudik juga disiapkan 3 SPBU di jalur ini.

"Pansela Masuk 3 Kecamatan yakni Kecamatan Ngombol, Grabag dan Purwodadi," sebutnya.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kemenkeu Jateng, Paparkan Kinerja Positif APBN 2022

Jumat, 27 Januari 2023 | 19:03 WIB

Polda Jateng Mulai Uji Coba Drone Tilang Elektronik

Jumat, 27 Januari 2023 | 18:07 WIB

Realisasi PAD Kota Magelang Naik Signifikan

Jumat, 27 Januari 2023 | 17:00 WIB

Barongsai Sebagai Simbol Pembawa Berkah

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:09 WIB

Sedapnya Kue Keranjang Imlek Balutan Daun Pisang

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:04 WIB
X