Sasar Wilayah Terpencil, LAZISNU Gelar Buka Puasa Bersama Anak-anak Pengaringan

- Senin, 25 April 2022 | 17:02 WIB
Anak-anak Desa Pengaringan, Kecamatan Pejagoan, Kebumen tersenyum bahagia mendapat bingkisan dari LAZISNU Kebumen, Senin (25/4). (SM/Arif Widodo)
Anak-anak Desa Pengaringan, Kecamatan Pejagoan, Kebumen tersenyum bahagia mendapat bingkisan dari LAZISNU Kebumen, Senin (25/4). (SM/Arif Widodo)
 
 
KEBUMEN, suaramerdeka-kedu.com - Program Ramadan bertajuk "Merawat Kepedulian" yang dilaksanakan Lembaga Amil Zakat Infak dan Shodaqoh Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kebumen, menyasar wilayah terpencil. Kali ini berada di Desa Pengaringan, Kecamatan Pejagoan, Kebumen, Senin (25/4).
 
Kegiatan yang dimulai siang hngga buka puasa itu diikuti anak-anak desa setempat. Mereka berjumlah 75 anak yang tampak ceria di serambi Masjid Nurul Huda, tempat acara tersebut. Dalam kesempatan itu juga diikuti lima guru ngaji, dua muadzin, dua marbot masjid dan takmir Masjid Nurul Huda. 
 
"Untuk guru ngaji, marbot dan muadzin, masing-masing menerima pentasharufan (penyaluran) zakat dari LAZIZNU berupa tali asih. Sedangkan anak-anak, takmir masjid serta sejumlah warga Pengaringan menerima bingkisan atau parsel," kata Ketua LAZISNU Kebumen, H Marlan di sela-sela buka bersama di Desa Pengaringan.
 
Hadir Kades Pengaringan Bayu Sukrisna, tokoh masyarakat dan kader NU. Anak-anak yang santri Taman Pendidikan Quran (TPQ) Masjid Nurul Huda itu menerima bingkisan dengan suka cita. 
 
 
Mereka juga beramai-ramai menunjukkan bingkisan yang berisi aneka kebutuhan santri, seperti buku dan alat tulis lainnya. Suasana tambah riuh ketika diambil gambarnya usai buka puasa. Sedangkan sejumlah warga setempat yang menerima parsel berisi sembako diliputi rasa syukur. Ini cukup membantu di saat harga sembako membumbung tinggi jelang Lebaran.
 
Menurut Marlan, penyaluran tersebut merupakan infak dan zakat yang dihimpun selama bulan suci Ramadan serta hasil dari gerakan koin NU Kebumen (Gennuk). Gerakan tersebut melibatkan MWC NU dan ranting Se-Kebumen.
 
Di sela-sela pentasharufan yang dilanjutkan buka bersama itu juga diberikan pengarahan dari perwakilan NU Care LAZISNU Kebumen, Ardi Saputra. "Semoga program Gennuk di Kabupaten Kebumen semakin berkembang dan bermanfaat untuk warga, khususnya Nahdliyyin," imbuhnya.
 
Kades Pengaringan Bayu Sukrisna menyampaikan banyak terimakasih atas perhatianya dari NU. Terutama NU Care LAZISNU Kebumen yang menyalurkan program ke desa yang dipimpinnya. "Alhamdulillah Gennuk di Pengaringan sudah istiqomah. Berkat program Gennuk jadi tidak ada tarikan ke warga jika ada acara," ucap Bayu.
 

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kader PDIP Adakan Jajan Bareng Narisqa

Selasa, 9 Agustus 2022 | 17:56 WIB

Piala Kasad Liga Santri di Yogyakarta Resmi Dimulai

Selasa, 9 Agustus 2022 | 17:06 WIB

APBD Temanggung Tahun 2023 Akan Devisit 80,6 Miliyar

Selasa, 9 Agustus 2022 | 11:55 WIB

Mayat Bersimbah Darah Ditemukan Warga Kentengrejo

Selasa, 9 Agustus 2022 | 08:49 WIB

Ratusan Jabatan Kepala Sekolah Akhirnya Terisi

Selasa, 9 Agustus 2022 | 08:44 WIB

Mancing Bareng Jadi Wahana Edukasi Warga

Selasa, 9 Agustus 2022 | 08:41 WIB

Jelang Panen Raya Tembakau, Petani Gelar Ruwat Rigen

Minggu, 7 Agustus 2022 | 20:00 WIB
X