Kembali Gelar Pesantren Ramadan, MTs 2 Kebumen Tekankan Totalitas Siswa

- Jumat, 22 April 2022 | 20:57 WIB
Siswa MTs 2 Kebumen antusias mengikuti Pesantren Ramadan di madrasah setempat. (SM/Arif Widodo)
Siswa MTs 2 Kebumen antusias mengikuti Pesantren Ramadan di madrasah setempat. (SM/Arif Widodo)
 
 
KEBUMEN, suaramerdeka-kedu.com - Tahun ini MTs 2 Kebumen kembali menggelar pesantren Ramadan. Kegiatan tersebut menekankan totalitas siswa dalam belajar dan beribadah. Sebagaimana tema yang diusung dalam kegiatan yang berlangsung pada Rabu - Sabtu, (20-23/4), “Puasaku Totalitas, Ramadanku Berkualitas, Belajarku Tuntas”.
 
Kepala MTs 2 Kebumen Drs H Sugeng Purwanto MPdI mengatakan, dalam mengikuti pesantren ini siswa diharapkan dapat melaksakanaan puasa dengan sebaik-baiknya dengan menahan diri dari makan dan minum serta hal-hal yang membatalkan puasa, dari terbit fajar hingga tenggelamnya matahari.
 
"Siswa juga diminta untuk rajin menuai pahala dengan hal-hal yang ringan, seperti berpakaian rapi saat berangkat sekolah, membersihkan diri serta lingkungan. Tidak lupa membentuk lingkungan madrasah dan rumah yang bersih dari sampah, rajin membaca Alquran, salat dhuha, salat rawatib dan shalat wajib," tuturnya.  
 
Tidak kalah penting harus menghindari bicara ghibah, berkata jorok dan kotor. Bagi para pembina ustad/ustadzah di pesantren ini, lanjut Sugeng, harus menjadi teladan yang baik dalam membina para santri/siswa. 
 
 
Di mana sebagai pegawai dan guru MTs 2 Kebumen dapat meningkatkan kualitas kinerja untuk tercapainya mutu dan layanan pendidikan dalam mencerdaskan anak-anak bangsa sebagai generasi emas Indonesia tahun 2045. Khususnya di MTs 2 dan Kabupaten Kebumen.
 
Kali ini, Pesatren Ramadan di MTs 2 Kebumen diisi dengan pembinaan akhlak dalam bentuk ceramah keagamaan oleh Mubalighoh Kun Farikhah MPd. Kepada para siswa/santri, Kun meminta mengamalkan nilai-nilai akhlakul karimah, baik di lingkungan keluarga, madarasah dan masyarakat.
 
"Ini untuk menjadikan generasi yang religius cerdas, dan tangguh dalam menghadapi tantangan masa depan. Sehingga siswa madrasah dapat menjadi teladan bagi orang lain," tuturnya.
 
Selain ceramah keagamaan, dalam Pesantren Ramadan ini juga dilaksanakan tadarus Alquran 30 juz, refleksi dan kuis, zakat, infaq dan shadaqah, serta berbagi takjil di depan madrasah dan buka bersama. Para peserta pun antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kemenkeu Jateng, Paparkan Kinerja Positif APBN 2022

Jumat, 27 Januari 2023 | 19:03 WIB

Polda Jateng Mulai Uji Coba Drone Tilang Elektronik

Jumat, 27 Januari 2023 | 18:07 WIB

Realisasi PAD Kota Magelang Naik Signifikan

Jumat, 27 Januari 2023 | 17:00 WIB

Barongsai Sebagai Simbol Pembawa Berkah

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:09 WIB

Sedapnya Kue Keranjang Imlek Balutan Daun Pisang

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:04 WIB
X