Lokasi Berburu Takjil Nyaman dan Bersih di Wonosobo

- Jumat, 22 April 2022 | 04:00 WIB
Pelangi Karismakristi - NGABUBURIT: Ratusan warga sedang berburu takjil di depan Masjid Al Mansur Wonosobo, Kamis (21/4).
Pelangi Karismakristi - NGABUBURIT: Ratusan warga sedang berburu takjil di depan Masjid Al Mansur Wonosobo, Kamis (21/4).

WONOSOBO, suaramerdeka-kedu.com - Ada beberapa titik lokasi pasar dadakan yang menjajakan takjil pada Bulan Ramadan, salah satunya adalah di kawasan Masjid Almansur. Selain letaknya strategis, tempat ini juga lebih nyaman untuk mencari jajanan berbuka puasa.

Bila Anda melewati daerah Kauman Utara, akan menjumpai sederet tenda sepanjang kurang lebih 100 m dan terdapat 60 pedagang kaki menjual aneka kudapan untuk buka puasa, mulai dari sayur, lauk pauk, camilan, dan masih banyak lagi.

Ini lah yang disebut dengan Ramadan On The Street Masjid Masjid Almansur. Tenda tersebut sengaja dipasang untuk lebih memberikan kenyamanan bagi penjual maupun pembeli, mengingat cuaca Wonosobo yang kerap hujan pada sore hari.

Baca Juga: Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Jateng Gelar Bimbingan Pengawasan di Kantor Imigrasi Wonosobo

Ketua Harian Yayasan Masjid Al Mansur Muhammad Rustamaji mengatakan pasar Ramadan ini telah dibuka sejak tahun 2010 setiap bulan puasa. Sayangnya sempat vakum dua tahun saat pandemi, tahun ini panitia penyelenggara mencoba untuk membuka kembali.

"Kami lihat kondisi covid mulai mereda dan pemerintah juga memberi kelonggaran untuk kegiatan masyarakat. Dan tujuan kami semata-mata ingin mendongkrak ekonomi masyarakat, terutama bagi pedagang kaki lima," jelas Rustam yang ditemui di sela-sela Ramadan On The Street, Kamis (21/4).

Kendati demikian, Rustam menjelaskan, tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika awal-awal pasar ramadan ini buka untuk 120 pedagang, kini berkurang menjadi 60. Hal ini bukan tanpa alasan, yakni agar pengunjung tidak terlalu berkerumun dan lebih leluasa.

"Meskipun sudah PPKM level 2, kami tetap menerapkan prokes. Dulu juga biasanya ada pentas seni atau kegiatan lomba-lomba di panggung utama, namun sekarang panggung utama diisi dengan pertunjukan musik dari musisi lokal tiap hari Sabtu saja," tutur Rustam.

Baca Juga: Demonstrasi di DPRD, Aliansi Magelang Bergerak Sampaikan 10 Tuntutan

Pada saat yang sama, salah satu penjual makanan Fenny (30) mengatakan, dia telah berjualan di seputar Al Mansur ini sejak 2010. Dia mengaku senang berjualan di sini sebab lokasi jualan lebih nyaman karena jika sore hari sering hujan.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

Kader PDIP Adakan Jajan Bareng Narisqa

Selasa, 9 Agustus 2022 | 17:56 WIB

Piala Kasad Liga Santri di Yogyakarta Resmi Dimulai

Selasa, 9 Agustus 2022 | 17:06 WIB

APBD Temanggung Tahun 2023 Akan Devisit 80,6 Miliyar

Selasa, 9 Agustus 2022 | 11:55 WIB

Mayat Bersimbah Darah Ditemukan Warga Kentengrejo

Selasa, 9 Agustus 2022 | 08:49 WIB

Ratusan Jabatan Kepala Sekolah Akhirnya Terisi

Selasa, 9 Agustus 2022 | 08:44 WIB

Mancing Bareng Jadi Wahana Edukasi Warga

Selasa, 9 Agustus 2022 | 08:41 WIB

Jelang Panen Raya Tembakau, Petani Gelar Ruwat Rigen

Minggu, 7 Agustus 2022 | 20:00 WIB
X