Jelang Lebaran, Dishub Temanggung Cek Kesiapan Kendaraan Umum

- Rabu, 20 April 2022 | 23:10 WIB
Petugas Dishub dan Satlantas Temanggung sedang lakukan pengechekan (SM/Riki Diswantoro)
Petugas Dishub dan Satlantas Temanggung sedang lakukan pengechekan (SM/Riki Diswantoro)

TEMANGGUNG, suaramerdeka-kedu.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Temanggung bersama Satlantas Polres Temanggung lakukan pengechekan kondisi armada bus maupun supir pada Rabu, (20/04).

Tak lain pengecekan atau Ram Check dilakukan guna mengatisipasi hal yang tidak diingingkan, jelang mudik lebaran tahun 2022. "Ram Check rutin dilakukan menjelang moment-moment besar, biasa kita lakukan mejelang idul fitri dan menjelang natal dan tahun baru," kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Temanggung, Suprianto, saat mengikuti pengechekan.

Ia mengatakan, kegiatan ini juga sekaligus memastikan kelayakan kendaraan saat akan beropreasi, dengan upaya ini keselamatan akan bisa terjaga. "Petugas melukan pengecekan baik kelayakan fisik bus secara keseluruhan lambu, rem, juga administrasi, surat-surat kendaraan maupun surat ijin pengemudi supir," katanya.

Baca Juga: Disparbud Prediksi Puncak Kunjungan Wisata Wonosobo pada 7 Mei

Pemeriksaan dilakukan kali ini di Perusahaan Otobus Sumber Anugerah yang berlokasi di Jalan tembus Kranggan - Pringsurat. "Ada dua disini dan di Baja Samudera, tidak semuanya karena sample saja, karena setiap tahun kami selalu bergantian," tururnya.

Pihaknya menjelaskan pengecekan tidak dilakukan di terminal di wilayah Temanggung, melihat kondisi terminal yang ada sangat sepi. "Tahun ini kami melaksanakan di 2 tempat ini saja, kebetulan kondisi terminal kami sepi, malah tidak mencapai target nanti," jelasnya.

Seprianto mengatakan, setidaknya pada tahun ini akan ada 60 kendaraan bus yang akan melayani pemudik. "Rata-rata memang bus, ada mobil sejenis travel tiga perempat tetapi hanya melayani lokalan saja." Pungkasnya.

Baca Juga: Tim Gabungan Temukan Penyimpangan di Level Produsen dan Distributor Minyak Curah

Sementara itu pengurus Perusahaan Otobus Sumber Anugrah, Harlis mengatakan, sejauh ini sudah ada 7 rombongan pabrik yang sudah memesan untuk mudik ke Jakarta. "Kami masih negosiasi harga ada Rp 8 juta dan Rp 7 Juta, pelanggan kami rata-rata para pekerja pabrik yang mau pualng ke Jakarta," katanya.

Harlis menyebut, para pemudik dari bus yang ia kelola akan melakukan perjalanan H - 7 sebelum lebaran.

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

Kemenkeu Jateng, Paparkan Kinerja Positif APBN 2022

Jumat, 27 Januari 2023 | 19:03 WIB

Polda Jateng Mulai Uji Coba Drone Tilang Elektronik

Jumat, 27 Januari 2023 | 18:07 WIB

Realisasi PAD Kota Magelang Naik Signifikan

Jumat, 27 Januari 2023 | 17:00 WIB

Barongsai Sebagai Simbol Pembawa Berkah

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:09 WIB

Sedapnya Kue Keranjang Imlek Balutan Daun Pisang

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:04 WIB
X