Tim Gabungan Temukan Penyimpangan di Level Produsen dan Distributor Minyak Curah

- Rabu, 20 April 2022 | 14:40 WIB
Antrean minyak goreng di salah satu toko yang ada di Kabupaten Purworejo, baru-baru ini. (SM/Hafidz Kurnia)
Antrean minyak goreng di salah satu toko yang ada di Kabupaten Purworejo, baru-baru ini. (SM/Hafidz Kurnia)

PURWOREJO, suaramerdeka-kedu.com - Masyarakat di Kabupaten Purworejo hingga kini masih rela antre demi mendapatkan minyak goreng curah yang masih juga langka.

Belakangan diketahui terhambatnya stok minyak goreng curah di Purworejo disebabkan adanya penyimpangan di level Produsen dan Distributor.

Kasi Humas Polres Purworejo, Iptu Madrim Suryantoro menjelaskan kelangkaan minyak goreng curah di Purworejo salah satunya yang terlihat di Kecamatan Kutoarjo. Penyebabnya disinyalir ada pada level Produsen dan Distributor.

Dari hasil sidak, Tim Satgas Pangan Polda Jateng menemukan masih ada distributor yang menjual Minyak Goreng Curah Sawit (MGCS) tidak sesuai dengan patokan harga.

Selain itu, masih ditemukan pula spekulan atau pembeli MGCS dadakan yang ingin mencari keuntungan dengan menjual di atas harga eceran tertinggi (HET).

"Ya itu distribusinya (di Kutoarjo) yang terhambat karena ini," kata Iptu Madrim pada Selasa (19/4).

Hal serupa juga terjadi di tingkat Jawa Tengah. Saat ini Tim Satgas Pangan Polda Jateng bertekad untuk meningkatkan pengawasan dan pengendalian distribusi minyak goreng di Jawa Tengah.

Hal ini dilakukan dengan cara menempatkan personil Satgas Pangan pada produsen MCGS dan di lokasi penjualan retail MGCS agar tidak terjadi penyimpangan distribusi.

Pernyataan itu disampaikan Dirreskrimsus Polda Jateng melalui Kasubdit Indagsi AKBP Rosyid Hartanto usai melakukan pengecekan bersama Irjen Kemenperin dan Officer Satgas Pangan Bareskrim Polri pada produsen serta distributor minyak goreng baru-baru ini.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPPN Magelang Serahkan DIPA dan Alokasi TKD 2023

Jumat, 9 Desember 2022 | 16:14 WIB

Pembangunan Puskesmas Bejen Molor

Jumat, 9 Desember 2022 | 15:26 WIB

DPRD Dorong Perbup Disabilitas Segera Dibuat

Rabu, 7 Desember 2022 | 13:16 WIB

Pemkot Magelang Raih SAKIP Predikat BB

Selasa, 6 Desember 2022 | 17:28 WIB
X