PPDB Cerdas Diklaim Mudahkan Calon Siswa

- Kamis, 7 April 2022 | 18:58 WIB
SM/dok - Ilustrasi lapangan basket di sekolah (Pexels)
SM/dok - Ilustrasi lapangan basket di sekolah (Pexels)

MAGELANG, SUARA MERDEKA – Penerimaan peserta didik baru (PPDB) di Kota Magelang sudah dimulai dengan tagline PPDB Cerdas 2022. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) mengklaim, penerimaan kategori ini lebih memudahkan calon siswa yang tidak memiliki piagam ataupun sertifikat prestasi, namun punya bakat yang dapat dinilai secara langsung.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdikbud Kota Magelang, Papa Riyadi mengatakan, seleksi PPDB Cerdas tahun 2022 dibuka untuk mendaftarkan calon siswa melalui jalur prestasi. Hanya saja, bakat siswa ini dinilai sangat kompleks.

"Selain kemampuan akademik, tersedia juga kuota bagi peraih prestasi di bidang olahraga, multimedia, keagamaan, hingga kesenian. Beberapa ada program unggulan, seperti Tahfidz, olahraga seperti Bola Voli, karawitan, atau tarian tradisional, dan lain sebagainya,” ujarnya, kemarin.

Dijelaskannya, PPDB Cerdas ini menjadi inovasi yang disesuaikan dengan ciri khusus satuan pendidikan atau kearifan lokal dan keunggulan global yang dikembangkan. Satuan pendidikan diberikan wewenang untuk mengembangkan keunggulan masing-masing sesuai branding program keunggulan, seperti Matematika, IPA, Bahasa, Olahraga, Seni, Agama, dan keunggulan lain sesuai dengan prinsip Manajemen Berbasis Sekolah (MBS).

Baca Juga: DPRD Kota Magelang Soroti Juknis PPDB SMP Negeri 2 Magelang

"Teknisnya, kita serahkan kepada satuan pendidikan masing-masing. Kami juga turut membebaskan sistem kearifan lokal dan keunggulan global satuan pendidikan yang akan diterapkan. Untuk PPDB mandiri satuan pendidikan maksimal menerima 40 persen dari daya tampung,” katanya.

Papa memaparkan, selain PPDB cerdas, pihaknya juga membuka PPDB nasional. Seleksi ini terdiri dari 3 jalur untuk sekolah dasar (SD) dan 4 jalur bagi sekolah menengah pertama (SMP). Di SMP, ada 4 jalur, yaitu zonasi 50 persen, afirmasi 15 persen, jalur mutasi 5 persen, dan prestasi 30 persen.

"Khusus jalur prestasi ini, calon peserta didik memiliki prestasi kejuaraan di bidang akademik dan nonakademik. Kalau prestasinya tembus internasional dan juara 1 nasional, itu langsung diterima. Sedangkan prestasi tingkat provinsi 400-an, kabupaten/kota 350-an, dan kecamatan 250-300 poinnya,” paparnya.

Selain prestasi olahraga, dibuka pula PPDB jalur prestasi seni kriya, MTQ, Hafidz (hafal Alquran), mata pelajaran dan seni Islami, pedalangan, cerpen story, baca puisi, geguritan, perfilman, drama, dan lainnya. Hafidz/penghafal Alquran atau penghafal kitab suci agama lain, dengan porsi lebih dari 7 juz langsung diterima.

Baca Juga: Sampah Berserakan di Tepi Jalan Magelang-Purworejo

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

Kemenkeu Jateng, Paparkan Kinerja Positif APBN 2022

Jumat, 27 Januari 2023 | 19:03 WIB

Polda Jateng Mulai Uji Coba Drone Tilang Elektronik

Jumat, 27 Januari 2023 | 18:07 WIB

Realisasi PAD Kota Magelang Naik Signifikan

Jumat, 27 Januari 2023 | 17:00 WIB

Barongsai Sebagai Simbol Pembawa Berkah

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:09 WIB

Sedapnya Kue Keranjang Imlek Balutan Daun Pisang

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:04 WIB
X