BRI Parakan Temanggung Berikan Ruang Kepada Pelaku UMKM Untuk Berinovasi

- Rabu, 30 Maret 2022 | 11:30 WIB
Puji Widayati saat memberikan arahan dalam acara gathering di Jambu Klutuk resto (SM Riki Diswantoro)
Puji Widayati saat memberikan arahan dalam acara gathering di Jambu Klutuk resto (SM Riki Diswantoro)

TEMANGGUNG, suaramerdeka-kedu.com - Dalam rangka meningkatkan upaya kapasitas dan optimisme para nasabah kreditur BRI Cabang Parakan adakan gathering bertajuk Balik Untung Usaha Melambung, Senin (29/03) bertepat di Jamu Klutuk Resto.

Dengan mulai kembalinya peningkatan ritme usaha dan aktivitas masyarakat pasca pandemi, BRI Parakan mengundang para nasabah tercintanya untuk melakukan diskusi serta shareing bersama.

"Kita mengalami anomali perubahan, kegiatan individu dibatasi sehingga kita dipaksa untuk melakukan perubahan yang belum pernah kita bayangkan sebelumnya," kata Puji Widayati Pimpinan Cabang BRI Parakan, saat mengisi acara gathering.

Baca Juga: Asrofi Penderita Tumor Ganas Butuh Bantuan


Ia mengatakan, pembatasan aktivitas masyarakat memberikan peluang baru bagi pelaku UMKM seperti memberikan layanan antar, melakukan jual beli melalui media sosial dan bisnis digital.

"Hal-hal seperti itu, mulai ada tapi tidak secepat ini, kita belum membayangkan akan secepat ini sebelumnya, untuk bisa bertahan kita juga harus menuju hal itu," tuturnya.

Ia mengatakan dari situlah BRI hadir untuk memberikan fungsi yang berbeda dimana sebelumnya BRI membrikan layanan perbankan, penghimpunan dana, dan penyaluran kredit stategis masyarakat.

Baca Juga: Keraton Surakarta Sematkan Kekancingan untuk Pakasa Kabupaten Magelang

"Kemudian ada fungsi sosial yang kami jalankan, ditengah pandemi kita semua berjibaku di tengah masyarakat membantu pemerintah antara lain memberikan bantuan, dan menyalurkan kredit minim ke masyarakat," terangnya.

Puji menambahkan kredit yang tersalur harus menjadi vitamin bukan akan meracuni nasabah. "BRI mampu membaca kebutuhan kredit para nasabah, kredit akan disesuaikan dengan kebutuhannya jangan sampai kredit tidak tepat guna dan akan membebani dan tidak bisa mengembanghkan usaha," tegasnya.

Ia mengatakan UMKM harus terus bergerak mengingat UMKM menyerap 107,2 juta pekerja dari seluruh Indonesia. "Dari krisis yang kita alami kemaren, UMKM yang memiliki ketahanan. Koprasi, perusahaan besar tidak mampu bertahan," katanya.

Baca Juga: Atik Aufa Pimpin PMR Madya MTs Khaidlul Ulum Penajung

Nasabah BRI Tretep Ristinah yang dulu mengajukan kredit ke BRI untuk berbisnis cabai kini telah memiliki mobil mitsubhisi siklun dengan bisnisnya tersebut.
"Sebelumnya kami melakukan pengajuan ke BRI untuk minta modal, pertama kami hanya melakukan jual beli yang dikirim untuk wilayah lokal saja," katanya.

Tak puas dengan itu saja, ia bersama suaminya mengembangkan bisnis penjualan cabai ke pasar Johar Semarang, meskipun mengalami kebakaran namun kini ia terus bertahan.

"Meskipun dalam keadaan seperti itu tetapi kita terus bertahan, karena kami hanya mencari kehidupan dengan berdagang, dan karena kemaren ini kebakaran kembali kami mengajukan kredit ke BRI kembali," tuturnya.

Baca Juga: Aturan BPJS Jadi Syarat Urus SIM dan STNK Mulai Disosialisasikan di Purworejo

Kisah inspiratis selanjutnya datang dari nasabah Bri Jumo Ikhwan, merintis usaha penjualan sayuran dari pinjaman Rp 5.000.000 juta hingga saat ini naik 100 juta.
Sebelumnya ia hanya menerima kiriman sayur dari pengepul untuk 3 dusun, namun saat ini meningkat menjadi 15 dusun untuk ia kirim ke  wilayah Jakarta.

"Perhari saya kirim 3 sampai 4 kuintal dari bermacam sayur mulai dari cabai, kol, sawi, timun atau tomat karena saya menerima semua dari petani," katanya.

Dengan mengambil keuntungan paling minim Rp 1000 per kilogram, Ikhwan mampu mengantongi keuntungan sebesar Rp 300 ribu perhari atau 9.000.000 perbulan.

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

KPPN Magelang Serahkan DIPA dan Alokasi TKD 2023

Jumat, 9 Desember 2022 | 16:14 WIB

Pembangunan Puskesmas Bejen Molor

Jumat, 9 Desember 2022 | 15:26 WIB

DPRD Dorong Perbup Disabilitas Segera Dibuat

Rabu, 7 Desember 2022 | 13:16 WIB

Pemkot Magelang Raih SAKIP Predikat BB

Selasa, 6 Desember 2022 | 17:28 WIB
X