Belum Diresmikan, Aktivitas di Makodim Baru Terasa Gereget

- Senin, 14 Maret 2022 | 08:28 WIB
Prajurit Kodim 0709 / Kebumen antusias mengikuti kegiatan di aula markas setempat, Jumat (11/3). (SM/Arif Widodo)
Prajurit Kodim 0709 / Kebumen antusias mengikuti kegiatan di aula markas setempat, Jumat (11/3). (SM/Arif Widodo)
 
 
KEBUMEN, suaramerdeka-kedu.com - Prajurit TNI dan PNS di lingkungan Kodim 0709 / Kebumen telah diboyong ke markas baru di Jalan Lingkar Selatan Kebumen atau Timur Terminal Kebumen. Meski belum diresmikan, aktivitas di Makodim baru itu terasa gereget.
 
Seperti pada Jumat (11/3) yang dilaksanakan serangkaian kegiatan dari peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad Saw serta sosialisasi zakat, infaq dan shodakoh oleh Ketua Baznas Kebumen KH Bambang Sucipto.  
 
Peringatan Isra Miraj sendiri diisi oleh Kiai Aminundin Zuhri dan diikuti sekitar 150 anggota Kodim dan Persit. Kedua acara tersebut dihadiri Plh Pasi Pers Kapten Inf Nuraharkanca yang mewakili Dandim 0709 / Kebumen Letkol Inf Eduar Hendri. 
 
Ia menyampaikan hakikat peringatan Isra Miraj merupakan perjalanan Nabi Muhammad Saw mendapat perintah melaksanakan salat lima waktu dalam sehari semalam.
 
"Ini harus dimaknai sebagai bentuk keimanan kita terhadap Allah SWT, sehingga akan memperkokoh iman dan taqwa yang pada akhirnya dapat diimplentasikan ke dalam kehidupan sehari-hari," kata Nurahadkanca.
 
 
Diharapkan dengan semakin mantapnya keimanan dan ketaqwaan kita, akan terbangun loyalitas, keikhlasan, disiplin dan profesionalitas sebagai prajurit dan PNS, untuk bisa berbuat yang terbaik dalam rangka mengabdi kepada Bangsa dan Negara. 
 
Sementara itu, sosialisasi tentang zakat, infaq dan shodakoh ini disampaikan Ketua Baznas Kebumen KH Bambang Sucipto. Menurutnya, zakat adalah harta tertentu yang wajib dikeluarkan oleh orang yang beragama Islam dan diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya. 
 
Sedangkan dalam pengumpulannya, kata Bambang, biasanya dilakukan oleh para panitia zakat atau amil, seperti halnya dengan zakat fitrah yang dikeluarkan setiap menjelang Idul Fitri. 
 
Dijelaskan, untuk zakat beras yang wajib kita keluarkan sebanyak 2,5 kg setahun. Sedangkan emas, lanjut Bambang, diwajibkan membayar zakat jika memiliki 85 gram. Dan bila satu bulan kita memiliki penghasilan Rp 6 juta, maka kewajiban membayar zakat sebesar 2,5%. 
 
"Jika dihitung sesuai aturan pemerintah dengan berpedoman pada UU Nomor 23 tahun 2011 tentang zakat, besarannya Rp 133.000," jelas Bambang seraya mengamini rencana Kodim 0709 / Kebumen bakal membuat badan amil zakat yang berbadan hukum.

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPPN Magelang Serahkan DIPA dan Alokasi TKD 2023

Jumat, 9 Desember 2022 | 16:14 WIB

Pembangunan Puskesmas Bejen Molor

Jumat, 9 Desember 2022 | 15:26 WIB

DPRD Dorong Perbup Disabilitas Segera Dibuat

Rabu, 7 Desember 2022 | 13:16 WIB

Pemkot Magelang Raih SAKIP Predikat BB

Selasa, 6 Desember 2022 | 17:28 WIB
X