Kurangi Kemiskinan, Pemkot Magelang Buat Program Pemberdayaan Masyarakat

- Sabtu, 12 Maret 2022 | 13:23 WIB
SM/Asef Amani - PEMBERDAYAAN MASYARAKAT: Prosesi penandatanganan pakta kerja sama program pemberdayaan masyarakat antara Pemkot Magelang, LPPM-PMP Universitas Tidar, dan Yayasan Pinbuk Indonesia, di ruang rapat Wali Kota Magelang, Jumat (11/3).
SM/Asef Amani - PEMBERDAYAAN MASYARAKAT: Prosesi penandatanganan pakta kerja sama program pemberdayaan masyarakat antara Pemkot Magelang, LPPM-PMP Universitas Tidar, dan Yayasan Pinbuk Indonesia, di ruang rapat Wali Kota Magelang, Jumat (11/3).

MAGELANG, SUARA MERDEKA – Pemkot Magelang menjalin kerja sama dengan Bank Jateng, LPPM-PMP Universitas Tidar, dan Yayasan Pinbuk (Pusat Inkubasi Bisnis Usaha Kecil) Indonesia untuk menjalankan program pemberdayaan masyarakat guna mengurangi jumlah kemiskinan.

"Warga miskin terdampak pandemi yang ingin berwirausaha bisa kami modali dan dilatih atau didampingi agar usahanya berkembang," kata Wali Kota Magelang, Muchamad Nur Aziz, Jumat (11/3).

Adapun modal berupa uang, lanjutnya, disalurkan oleh Bank Jateng lewat program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) dengan besaran sekitar Rp1 miliar setahun.

Aziz menyebut program pemberdayaan masyarakat ini bisa terealisasi pada April 2022. Warga sasaran akan diambil dari data di Dinas Sosial dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan setempat.

Baca Juga: PTM Suara Merdeka Turunkan Atlet Pingpong Kidal

Menurut Aziz program ini cocok dengan salah satu program Pemkot Magelang, yakni Magelang Keren (Kelurahan Entrepreneurship Center) alias 1.500 perusahaan rintisan baru.

Sementara itu, Ketua LPPM-PMP Universitas Tidar, Eny Boedi Orbawati mengatakan, pihaknya akan bertugas sebagai pendamping dan penyeleksi calon pendamping masyarakat.

"Kami berikan pelatihan dan edukasi terkait programnya," sambungnya

Adapun tugas Pinbuk, lanjut Eny, ialah membantu pembentukan Koperasi Pemberdayaan Masyarakat di Kota Magelang. Kemudian, mendampingi pendirian koperasi, pelatihan pendamping program, pengurus, dan pengelola serta pengadaan infrastruktur.

Baca Juga: Warga Pro Tambang Minta Ganti Rugi Wadas Dibayar Sebelum Lebaran

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

KPPN Magelang Serahkan DIPA dan Alokasi TKD 2023

Jumat, 9 Desember 2022 | 16:14 WIB

Pembangunan Puskesmas Bejen Molor

Jumat, 9 Desember 2022 | 15:26 WIB

DPRD Dorong Perbup Disabilitas Segera Dibuat

Rabu, 7 Desember 2022 | 13:16 WIB

Pemkot Magelang Raih SAKIP Predikat BB

Selasa, 6 Desember 2022 | 17:28 WIB
X