Giatkan Literasi, SMA 1 Mirit Raih Penghargaan Nasional

- Sabtu, 5 Maret 2022 | 13:14 WIB
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto (dua dari kiri) menunjukkan piala atas prestasi nasional yang diraih SMA 1 Mirit dari Nyalanesia. (SM/Arif Widodo)
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto (dua dari kiri) menunjukkan piala atas prestasi nasional yang diraih SMA 1 Mirit dari Nyalanesia. (SM/Arif Widodo)
 
 
KEBUMEN, suaramerdeka-kedu.com - SMA Negeri 1 Mirit kembali menorehkan prestasi di masa pandemi. Setelah sebelumnya tim KIR SMA Negeri 1 Mirit memperoleh medali perunggu dalam ajang ASEAN Innovative Science Enviromental and Enterpreneur Fair (AISEEF) 2022, baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari Nyalanesia sebagai sekolah aktif literasi tingkat nasional.
 
Kepala SMA 1 Mirit, Sugiyanto SPd MPd mengatakan, keberhasilan yang telah dicapai itu tidak lepas dari usaha dalam mengembangkan program literasi di sekolah yang dipimpinnya.
 
"Program ini bermula pada Juli 2021, lalu mengikuti kegiatan Festival Literasi Kebumen (FLK) dan mendapat penghargaan nasional," katanya, Kamis (3/3).
 
Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Nyalanesia, Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kebumen serta Kementerian Agama Kabupaten Kebumen.
 
Berbagai rangkaian acara dan fasilitas program diikuti dengan penuh antusias oleh warga sekolah. Melalui program tersebut, sebanyak 50 siswa dan 13 guru berhasil membuat karya literasi. Selanjutnya karya siswa diterbitkan menjadi buku antologi cerpen berjudul Konstelasi Waktu. 
 
"Sedangkan karya literasi guru yang berupa puisi dan artikel diterbitkan menjadi buku antologi bersama penulis dari sekolah lain," imbuh Sugiyanto yang termotivasi untuk memajukan sekolah melalui kegiatan literasi itu.
 
 
Dijelaskan, program literasi sekolah mula-mula dikondisikan untuk menumbuhkan rasa senang menulis. Dimulai dari menulis apa saja yang diminati dan paling dekat dengan kehidupan sehari-hari. 
 
"Setelah guru dan siswa memiliki rasa senang menulis, baru kemudian diarahkan untuk menulis buku dan karya ilmiah," tambah penerima penghargaan kepala sekolah berprestasi di bidang literasi itu. 
 
Belum puas dengan berbagai workshop daring yang difasilitasi oleh Nyalanesia, sekolah juga menggelar pelatihan penulisan secara mandiri seperti pelatihan penulisan berita bagi guru dan siswa serta pelatihan penulisan karya ilmiah bagi guru dan karyawan.
 
Bahkan, kata Sugiyanto, sekolah yang berada di kawasan Selatan pulau Jawa itu menjalin relasi dengan perguruan tinggi untuk meningkatkan kemampuan warga sekolah membuat karya ilmiah.
 
Sugiyanto berharap akan ada daftar karya penelitian dan buku dari 29 guru SMA 1 Mirit, 13 karya buku karyawan, dan berbagai karya tulis siswa sekolah yang dipimpinnya "Kita bisa dulu, para siswa pasti bisa," ucapnya. 
 
Penghargaan nasional tersebut menambah deretan prestasi sekolah tersebut. Di mana pada awal 2022, tim KIR SMA Negeri 1 Mirit memperoleh medali perunggu dalam ajang ASEAN Innovative Science Enviromental and Enterpreneur Fair (AISEEF) 2022.

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kemenkeu Jateng, Paparkan Kinerja Positif APBN 2022

Jumat, 27 Januari 2023 | 19:03 WIB

Polda Jateng Mulai Uji Coba Drone Tilang Elektronik

Jumat, 27 Januari 2023 | 18:07 WIB

Realisasi PAD Kota Magelang Naik Signifikan

Jumat, 27 Januari 2023 | 17:00 WIB

Barongsai Sebagai Simbol Pembawa Berkah

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:09 WIB

Sedapnya Kue Keranjang Imlek Balutan Daun Pisang

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:04 WIB
X