Gerimis Mesra, Inovasi Anyar Pemkab Wonosobo Entaskan Kemiskinan

- Kamis, 3 Maret 2022 | 15:10 WIB
SM/M Nur Chakim - BERIKAN SUSU : Wakil Bupati Wonosobo memberikan susu kepada anak sapi di KWT Tani Mukti Tawangsari, tepatnya di kampung Penawangan Kelurahan Tawangsari belum lama ini.
SM/M Nur Chakim - BERIKAN SUSU : Wakil Bupati Wonosobo memberikan susu kepada anak sapi di KWT Tani Mukti Tawangsari, tepatnya di kampung Penawangan Kelurahan Tawangsari belum lama ini.

WONOSOBO, suaramerdeka-kedu.com - Kemiskinan di Wonosobo masih menjadi permasalahan yang harus diurai. Data tahun 2021 menyebut bahwa angka kemiskinan di Wonsobo mencapai 17,67 persen dan menempatkan posisi kedua tertinggi se-provinsi Jawa Tengah.

Terbaru, Pemkab Wonosobo melaunching gerakan entaskan kemiskinan menuju sejahtera atau Gerimis Mesra. Gerimis mesra adalah kolaborasi lintas sektor dalam upaya penanggulangan kemiskinan melalui peningkatan konsumsi masyarakat.

Wakil Bupati Wonosobo Muhammad Albar mengatakan kemiskinan Wonosobo menjadi perhatian semua pihak, sehingga berbagai upaya mengentaskan kemiskinan terus dilakukan, salah satunya melalui gerimis mesra ini dengan harapan mampu memberikan dampak positif yang dirasakan manfaatnya secara langsung melalui peningkatan konsumsi masyarakat.

Baca Juga: Lumpuh Berathun-tahun, Yasin Tewas Terbakar

“ Jadi Gerimis Mesra ini merupakan kolaborasi lintas sektor dengan menyumbangkan bahan makanan atau bahan kebutuhan pokok masyarakat yang mengandung protein dan kalori tinggi bagi lapisan masyarakat yang benar-benar miskin terdampak Covid-19, maka kami utamakan bagi 25 desa di Wonosobo dengan kemiskinan ekstrim,” kata Gus Albar ditemui di pendopo wakil (3/3).

Dijelaskan Gus Albar, guna menyukseskan gerakan tersebut, selain persiapan yang matang dan terencana juga perlunya berbasis “single data” sehingga masyarakat penerima bantuan sosial tepat sasaran secara komprehensif.

Selain itu, Albar juga menyinggung permasalahan di sektor pendidikan, kesehatan, infrastruktur, serta ekonomi yang menurutnya juga sebagai penyumbang angka kemiskinan yang masih tinggi.

Baca Juga: 75 Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Teridentifikasi di Kecamatan Borobudur

“Marilah kita bersama tetap optimis dan bekerja keras untuk menyukseskan Gerimis Mesra ini dengan mengkaji dan membuat perencanaan yang matang, sehingga output target angka kemiskinan beberapa bulan ke depan dapat menurun,” jelas Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kabupaten Wonosobo itu.

Kepala Bappeda Jaelan Sulat menambahkan, Gerimis Mesra juga mendukung menyukseskan Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) pada bulan Maret dan September 2022.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

KPPN Magelang Serahkan DIPA dan Alokasi TKD 2023

Jumat, 9 Desember 2022 | 16:14 WIB

Pembangunan Puskesmas Bejen Molor

Jumat, 9 Desember 2022 | 15:26 WIB

DPRD Dorong Perbup Disabilitas Segera Dibuat

Rabu, 7 Desember 2022 | 13:16 WIB

Pemkot Magelang Raih SAKIP Predikat BB

Selasa, 6 Desember 2022 | 17:28 WIB
X