Mahasiswa UAD Latih Anggota KWT Nglarang Buat Jamu

- Rabu, 2 Maret 2022 | 05:58 WIB
SM/dok - BUAT JAMU: Tim KKN Reguler 88 UAD Unit XVI.A.3 saat memberikan pelatihan pembuatan jamu kepada KWT di Dusun Nglarang, Triharjo, Kecamatan Pandak, Bantul.
SM/dok - BUAT JAMU: Tim KKN Reguler 88 UAD Unit XVI.A.3 saat memberikan pelatihan pembuatan jamu kepada KWT di Dusun Nglarang, Triharjo, Kecamatan Pandak, Bantul.

YOGYAKARTA, SUARA MERDEKA - Tim KKN Reguler 88 Universitas Ahmad Dahlan Unit XVI.A.3 memberikan pelatihan pembuatan jamu kepada kelompok wanita tani (KWT) di Dusun Nglarang, Triharjo, Kecamatan Pandak, Kabupaten Bantul.

Ketua Tim KKN, Nurkholis Farhan mengatakan, ide pembuatan jamu tak lepas dari kondisi saat ini yang masih masa pandemi Covid-19. Oleh karena itu, menurutnya jamu cocok untuk meningkatkan imunitas demi menangkal virus corona.

"Kami juga mendengar kalau selama isolasi bagi yang terpapar corona dianjurkan mengonsumsi jamu," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (1/3).

Adapun sasaran pelatihan yang diberikan oleh delapan mahasiswa UAD tersebut adalah para anggota KWT. Nurkholis berharap mereka bisa melakukan pelatihan pula kepada anggota keluarga dan tetangga masing-masing.

Baca Juga: KKN UAD Berikan Penghargaan kepada Perajin Batik Tulis

Lebih lanjut Nurkholis menerangkan jamu kali ini dibuat dari jahe 300 gram, kunyit 150 gram, lengkuas 100 gram, ¼ sereh, satu buah jeruk nipis, sejumput garam, dan gula merah secukupnya.

Pembuatan jamu bisa ditempuh melalui dua cara. Cara pertama, kupas semua bahan, lalu cuci hingga bersih, sebelum semuanya diiris tipis-tipis.

Kemudian, masak air hingga mendidih dalam panci. Setelah itu, masukkanlah jahe, kunyit, sereh, lengkuas, dan gula merah. Begitu telah masak, bisa dituangkan ke dalam gelas dengan menambahkan sejumput garam dan perasan jeruk nipis atau madu.

Cara kedua, tidak menempuh proses pemasakan air. Setelah semua bahan teriris tipis-tipis, masukkanlah ke oven. Angkat semuanya begitu tekstur sangat kering, dan haluskan menggunakan blender hingga menjadi bubuk jamu.

Baca Juga: Mahasiswa UAD Sosialisasikan Pemasaran Medsos kepada Pelaku UMKM

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

Grebeg Gunungan Tutup Ketep Summit Fest 2022

Minggu, 4 Desember 2022 | 20:00 WIB

Kota Magelang Raih Anugerah Meritokrasi dari KASN

Minggu, 4 Desember 2022 | 19:07 WIB

SMA N 3 Magelang Kini Miliki Layanan Digitalisasi

Kamis, 1 Desember 2022 | 19:30 WIB

'Symphony Rindu' ala Ketep Summit Fest Digelar Besok

Kamis, 1 Desember 2022 | 09:00 WIB

Gebyar Literasi Matansa Songsong HAB Kemenag

Rabu, 30 November 2022 | 15:57 WIB

MTs 1 Kebumen Rebut 1.168 Medali di Event MIO

Rabu, 30 November 2022 | 15:54 WIB

Pemuda Desa Nampudadi Dilatih Jurnalistik

Rabu, 30 November 2022 | 15:52 WIB
X