Mahasiswa UAD Sosialisasikan Pemasaran Medsos kepada Pelaku UMKM

- Minggu, 27 Februari 2022 | 20:00 WIB
SM/dok - PEMASARAN MEDSOS: Mahasiswa KKN Reguler 88 UAD unit XVI.A.1 menyosialisasikan cara pemasaran produk UMKM melalui media sosial kepada sejumlah pelaku UMKM di Dusun Jalakan, Triharjo, Bantul, Sabtu (26/2).
SM/dok - PEMASARAN MEDSOS: Mahasiswa KKN Reguler 88 UAD unit XVI.A.1 menyosialisasikan cara pemasaran produk UMKM melalui media sosial kepada sejumlah pelaku UMKM di Dusun Jalakan, Triharjo, Bantul, Sabtu (26/2).

YOGYAKARTA, SUARA MERDEKA - KKN Reguler 88 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) unit XVI.A.1 mengadakan sosialisasi pemasaran via media sosial kepada pelaku UMKM di Dusun Jalakan, Triharjo, Pandak, Bantul, Sabtu (26/2).

Ketua Tim KKN, Harkris Alfianto Makasar mengatakan, ada dua materi yang dipaparkan, yakni pemasaran dan manajemen media sosial.

Harkris menjelaskan, pihaknya telah berkunjung dan survei terlebih dulu ke beberapa UMKM di Dusun Jalakan, di antaranya usaha blangkon milik Asmuji dan usaha batik tulis milik Ngatijo.

"Kami tertarik mengangkat tema ini karena melihat potensi yang ada di dusun ini, tapi kurang maksimal dalam pemasaran. Padahal, pemasaran penting sekali agar usaha terus berkembang," terangnya dalam keterangan tertulis, Minggu (27/2).

Baca Juga: Kembangkan Pola MBKM, UAD Buat Program Mandiri untuk Penguatan

Menurut Harkris, batik tulis yang dihasilkan Ngatijo memiliki beberapa kelebihan, seperti motifnya variatif dan bahan kain berkualitas. Demikian pula blangkon garapan Asmuji.

"Sayangnya para pelaku usaha ini belum pernah memasarkan produknya melalui media sosial. Mereka hanya membuat produk ketika ada pesanan yang masuk dan sangat jarang memproduksi dalam skala besar. Maka, usaha blangkon dan batik ini tidak terlalu banyak dikenal dan diketahui oleh masyarakat luas," paparnya.

Anggota tim KKN, Indra Maulana menambahkan, setelah melakukan survei, strategi pemasaran melalui media sosial inilah yang dibahas pada kegiatan sosialisasi penyuluhan UMKM.

Sebab, banyak di antara mereka yang kesulitan untuk memasarkan produk dan menjangkau pasar yang lebih luas.

Baca Juga: Mahasiswa UAD Upayakan Penghijauan di Area Padat Penduduk

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

Ratusan Suporter Wonosobo Gelar Doa Bersama

Rabu, 5 Oktober 2022 | 16:22 WIB

Doa dari Magelang untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Selasa, 4 Oktober 2022 | 09:48 WIB
X