Deteksi Omicron di Pemerintahan, Dinkes Tes PCR PNS Kabupaten Magelang

- Kamis, 27 Januari 2022 | 12:29 WIB
Salah seorang PNS mengikuti tes acak PCR untuk mendeteksi terkonfirmasi positif Covid-19 atau tidak, terutama pendeteksian varian Omicron, di Pendopo Soepardi, kompleks Setda Kabupaten Magelang, Kamis (27/1/2022). (Suara Merdeka/Birru Rakaitadewa)
Salah seorang PNS mengikuti tes acak PCR untuk mendeteksi terkonfirmasi positif Covid-19 atau tidak, terutama pendeteksian varian Omicron, di Pendopo Soepardi, kompleks Setda Kabupaten Magelang, Kamis (27/1/2022). (Suara Merdeka/Birru Rakaitadewa)

MAGELANG, suaramerdeka-kedu.com - Guna mendeteksi varian Omicron di lingkungan
Setda Kabupaten Magelang, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Magelang melakukan tes acak polymerase chain reaction (PCR) terhadap sejumlah PNS.

Bertempat di Pendopo Soepardi, kompleks Setda Kabupaten Magelang, Kamis (27/1), sebanyak 100 PNS ditargetkan mengikuti tes acak PCR demi mendeteksi apakah terkonfirmasi positif Covid-19 atau tidak. Terutama pendeteksian varian Omicron atau varian lainnya.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Kabupaten Magelang, Oktora Kunto Edhy mengatakan, tes acak PCR ini adalah bagian dari upaya pencegahan dan pengendalian
Covid-19 dengan 3T, yakni testing (pengetesan), tracing (penelusuran), dan treatment (perawatan).

PCR sendiri dipilih, lanjut Kunto, lantaran metode ini memiliki sensitifitas tinggi untuk mendeteksi Covid-19. Kendati hasil tes baru bisa diketahui minimal 1x24 jam.

Baca Juga: Pemkab Magelang Antisipasi Persebaran Omicron

Apabila hasil tes menunjukkan positif Covid-19, Kunto bilang langkah selanjutnya ialah melakukan pemeriksaan lanjutan untuk mengetahui varian yang tertular.

"Bagi ASN yg sudah menginstal aplikasi PeduliLindungi hasil (tes PCR) akan otomatis masuk ke PeduliLindungi. Bagi yang belum menginstal aplikasi, hasil pemeriksaannya bisa ditanyakan ke lab kesehatan RST dr. Soedjono Magelang," ujarnya saat ditemui di Pendopo Soepardi.

PNS yang terbukti positif Covid-19 akan diminta melakukan isolasi mandiri di rumah bila gejalanya ringan. Kendati demikian, dia menyebut isolasi terpusat di Balai Kesehatan Masyarakat (Balkesmas) Wilayah Magelang di Kecamatan Salaman tetap dibuka.

Adapun pengetesan acak PCR bagi PNS di lingkungan Setda Kabupaten Magelang bersifat sukarela. Ini adalah penyelenggaraan yang kedua kali.

Baca Juga: Mengenal Omicron Lebih Jauh Oleh: Sri Wijayanti Wulandari

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

KPPN Magelang Serahkan DIPA dan Alokasi TKD 2023

Jumat, 9 Desember 2022 | 16:14 WIB

Pembangunan Puskesmas Bejen Molor

Jumat, 9 Desember 2022 | 15:26 WIB

DPRD Dorong Perbup Disabilitas Segera Dibuat

Rabu, 7 Desember 2022 | 13:16 WIB

Pemkot Magelang Raih SAKIP Predikat BB

Selasa, 6 Desember 2022 | 17:28 WIB
X