BNN Tes Urine Anggota DPRD Kabupaten Magelang

- Rabu, 26 Januari 2022 | 18:57 WIB
Seorang anggota DPRD Kabupaten Magelang melihat hasil tes urine dalam kegiatan pengetesan urine oleh BNN Kabupaten Magelang, di kantor DPRD Kabupaten Magelang, Rabu (26/1/2022). (Dokumentasi BNN Kabupaten Magelang)
Seorang anggota DPRD Kabupaten Magelang melihat hasil tes urine dalam kegiatan pengetesan urine oleh BNN Kabupaten Magelang, di kantor DPRD Kabupaten Magelang, Rabu (26/1/2022). (Dokumentasi BNN Kabupaten Magelang)

MAGELANG, suaramerdeka-kedu.com - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Magelang mengadakan tes urine terhadap sejumlah anggota DPRD Kabupaten Magelang. Terdapat satu anggota dewan positif narkoba, tetapi itu untuk pengobatan sakit flu.

Bertempat di kantor DPRD Kabupaten Magelang, Rabu (26/1), sebanyak 36 anggota dewan dites urine oleh BNN Kabupaten Magelang. Jumlah tersebut tidak sesuai dengan target yang
ditentukan, yakni 50 orang.

Kepala BNN Kabupaten Magelang, AKBP Catharina mengatakan, pihaknya melakukan tes urine lantaran menindaklanjuti Instruksi Presiden 2/2020 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika Tahun 2020-2024.

Catharina menyebut tes urine bagi anggota DPRD Kabupaten Magelang merupakan kali pertama dilakukan tahun ini. Namun, pada 2021 tes urine bagi sekitar 1000 personel ASN di
Kabupaten Magelang telah dilakukan.

Baca Juga: Anggota Polres Magelang Kota Terjerat Kasus Narkoba

Dari hasil tes urine terhadap anggota dewan itu, Catharina mengungkapkan sejumlah 35 orang negatif narkoba dan satu orang positif narkoba.

"Ada satu (anggota dewan positif narkoba), tapi karena menggunakan obat flu, kami anggap 'negatif'. Obat flu bisa masuk di obat-obatan itu (zat psikotropika)," terangnya saat ditemui di kantornya, Rabu.

Catharina mengaku salah seorang anggota dewan yang positif narkoba tersebut menunjukkan surat keterangan dokter, sehingga BNN Kabupaten Magelang menganggap orang itu 'negatif' narkoba.

Adapun bila seseorang terbukti positif narkoba, lanjut Catharina, BNN Kabupaten Magelang akan melakukan rehabilitasi terhadap orang tersebut asal terbukti sebagai pemakai narkoba saja.

Baca Juga: RW 02 Wates Dicanangkan Jadi Kampung Bebas dari Narkoba

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

KPPN Magelang Serahkan DIPA dan Alokasi TKD 2023

Jumat, 9 Desember 2022 | 16:14 WIB

Pembangunan Puskesmas Bejen Molor

Jumat, 9 Desember 2022 | 15:26 WIB

DPRD Dorong Perbup Disabilitas Segera Dibuat

Rabu, 7 Desember 2022 | 13:16 WIB

Pemkot Magelang Raih SAKIP Predikat BB

Selasa, 6 Desember 2022 | 17:28 WIB
X