Nyitus, Budaya Kerja Bakti ala Balai Konservasi Borobudur

- Jumat, 21 Januari 2022 | 16:58 WIB
Tim dari Balai Konservasi Borobudur membersihkan situs Sendang Lanang dan Wadon, kompleks Candi Pawon, dalam kegiatan Nyitus, Jumat (21/1/2022). (Istimewa)
Tim dari Balai Konservasi Borobudur membersihkan situs Sendang Lanang dan Wadon, kompleks Candi Pawon, dalam kegiatan Nyitus, Jumat (21/1/2022). (Istimewa)

MAGELANG, suaramerdeka-kedu.com - Balai Konservasi Borobudur (BKB) membudayakan kerja bakti pembersihan situs-situs cagar budaya di sekitar Candi Borobudur tiap Jumat. Ini dilakukan agar kawasan cagar budaya bersih.

Kepala BKB, Wiwit Kasiyati mengatakan, kegiatan yang bertitel "Nyitus" tersebut diawali pada Jumat, (7/1). Saat itu, kerja bakti dilakukan di Candi Borobudur untuk membersihkan lumut pada batu-batuan candi.

Adapun lokasi Nyitus saat ini, Jumat (21/1), berlangsung di situs Dipan, Brongosan, Samberan, dan Sendang.

Baca Juga: PT TWCBPRB Usulkan Model Pembatasan Pengunjung Candi Borobudur

"Jumlah teman-teman yang merawat Candi Borobudur, Mendut, Pawon dan KCB (kawasan cagar budaya) jumlahnya kurang memadai dengan luasan. Sehingga kami menggunakan hari Jumat supaya kita empati sama pokja yang lain," jelasnya saat ditemui di Situs Sendang Lanang dan Wadon, kawasan Candi Pawon, Jumat (21/1).

Terkait Sendang Lanang dan Wadon, Wiwit menyebut, keberadaannya terkait erat dengan Candi Pawon. Rumor yang beredar menyatakan situs ini merupakan kamar biksu.

Kendati demikian, Wiwit belum bisa mengafirmasi hasil interpretasi tersebut. Hanya saja, Candi Pawon merupakan tempat yang menjadi rangkaian prosesi ibadah umat Buddha pada zaman dulu.

Baca Juga: Borobudur Edupark, Penguat Kawasan Candi Borobudur

"Ketika umat Buddha melakukan prosesi agama dari Mendut, Pawon dan Borobudur, ya memang terbukti salah satu bukti ada di sini," pungkas dia.

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

Panglima TNI Tinjau Kantor Pemkot Magelang

Minggu, 29 Januari 2023 | 17:05 WIB

Kemenkeu Jateng, Paparkan Kinerja Positif APBN 2022

Jumat, 27 Januari 2023 | 19:03 WIB

Polda Jateng Mulai Uji Coba Drone Tilang Elektronik

Jumat, 27 Januari 2023 | 18:07 WIB

Realisasi PAD Kota Magelang Naik Signifikan

Jumat, 27 Januari 2023 | 17:00 WIB

Barongsai Sebagai Simbol Pembawa Berkah

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:09 WIB

Sedapnya Kue Keranjang Imlek Balutan Daun Pisang

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:04 WIB
X