Kejari Purworejo Bentuk Tim Khusus Berantas Mafia Tanah

- Jumat, 21 Januari 2022 | 11:09 WIB
Kepala Kejari Purworejo, Sudarso (SM/Dok)
Kepala Kejari Purworejo, Sudarso (SM/Dok)

PURWOREJO, suaramerdeka-kedu.com - Kejaksaan Negeri Purworejo membentuk tim khusus untuk memberantas mafia tanah di Kabupaten Purworejo. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi banyaknya praktik mafia tanah yang meresahkan masyarakat.

Kepala Kejaksaan Negeri Purworejo, Sudarso mengungkapkan, maraknya praktik mafia tanah telah sangat meresahkan ditambah dengan timbulnya konflik sosial akibat
sengketa tanah yang berkepanjangan atau berindikasi tindak pidana.

Sehingga berpotensi menghambat pemenuhan hak negara, masyarakat, dan pelaku usaha yang beriktikad baik atas pengelolaan, pemanfaatan, dan penguasaan tanah yang bebas sengketa dan berkepastian hukum.

"Pemberantasan mafia tanah dilakukan untuk menjamin kepastian hukum yang adil dan berkemanfaatan. Peningkatan inventasi, dan pengembangan perekonomian, sosial, dan budaya masyarakat atas pengelolaan,
pemanfaatan, dan penguasaan tanah yang berkelanjutan dan berkesinambungan dalam rangka mendukung pembangunan nasional guna mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur," jelasnya, Jumat (21/1).

Sebagai tindak lanjut, lanjutnya, kebijakan pemerintah dalam upaya pemberantasan mafia tanah, Kejaksaan Republik Indonesia yang memiliki peran sentral dan strategis dalam penegakan hukum mendukung kebijakan dimaksud.

Baca Juga: Pekerja Sektor Keagamaan Perlu Proteksi Jamsostek, Kantor Kemenag dan BPJS Ketenagakerjaan Jalin Kerja Sama

"Melalui pelaksanaan kewenangan, tugas, dan fungsi Kejaksaan Republik Indonesia secara profesional, komprehensif, terkoordinasi, dan terpadu untuk optimalisasi pemberantasan mafia tanah, baik secara preventif maupun represif," sebutnya.

Dijelaskan, Jaksa Agung juga memerintahkan pembentukan Tim Khusus dalam memberantas
mafia tanah.

Sebagai perwujudannya Kepala Kejaksaan Negeri Purworejo mengeluarkan Surat Keputusan
Kepala Kejaksaan Negeri Purworejo Nomor KEP-16/M.3.24.2/Dti.1/01/2022 Tanggal 17 Januari 2022 tentang Tim Pemberantasan Mafia Tanah di wilayah hukum Kejaksaan Negeri Purworejo.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPPN Magelang Serahkan DIPA dan Alokasi TKD 2023

Jumat, 9 Desember 2022 | 16:14 WIB

Pembangunan Puskesmas Bejen Molor

Jumat, 9 Desember 2022 | 15:26 WIB

DPRD Dorong Perbup Disabilitas Segera Dibuat

Rabu, 7 Desember 2022 | 13:16 WIB

Pemkot Magelang Raih SAKIP Predikat BB

Selasa, 6 Desember 2022 | 17:28 WIB
X