Mudahkan Peserta, BPJamsostek Luncurkan JMO

- Senin, 17 Januari 2022 | 16:16 WIB
SM/dok - Ilustrasi aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) milik BPJamsostek
SM/dok - Ilustrasi aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) milik BPJamsostek

MAGELANG, suaramerdeka-kedu.com – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek) meluncurkan aplikasi digital bernama Jamsostek Mobile (JMO). Aplikasi untuk kemudahan peserta ini merupakan pengganti aplikasi sebelumnya, yakni BPJSTKU.

Pejabat Pengganti Sementara (PPS) Kepala BPJamsostek Magelang, Slamet Taryono mengatakan, lahirnya aplikasi ini tak lepas dari revolusi industri 5.0 yang fokus pada kombinasi antara pendayagunaan berbagai aspek, yakni manusia, data, dan teknologi.

"Kemajuan teknologi membuat masyarakat lebih dekat dengan dunia digital dan teknologi, sehingga seluruh transaksi dan pemenuhan kebutuhan harian menggunakan teknologi digital," ujarnya dalam keterangan pers, Senin (17/1).

Baca Juga: BPJamsostek Jateng-DIY Fokus Kejar Peserta dari Pekerja Informal dan Rentan

Taryono menyebut seluruh proses bisnis saat ini juga telah menggunakan teknologi digital. Alhasil, setiap institusi dituntut mampu memberikan layanan digital kepada pelanggan. Termasuk pihaknya sebagai lembaga negara yang menyelenggarakan program negara berupa jaminan sosial tenaga kerja.

"Aplikasi JMO ini akan sangat membantu para peserta dalam mengakses hak jaminan sosial ketenagakerjaannya. Aplikasi ini sudah tersedia di Playstore dan Appstore, sehingga segala kebutuhan terhadap program jamsostek dapat diakses melalui ponsel," jelasnya.

Dia menambahkan pengecekan saldo atau cek status kepesertaan bisa melalui aplikasi ini. Bahkan, pengajuan klaim Jaminan Hari Tua (JHT) dan pelaporan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) juga dapat dilakukan melalui genggaman tangan dengan aplikasi JMO tersebut.

Baca Juga: Permenaker 17 Mudahkan Peserta BPJamsostek Dapat KPR-MLT

"Para peserta BPJamsostek tidak perlu antre datang ke kantor cabang BPJamsostek terdekat. Kami juga membuka layanan digital melalui website untuk pengajuan klaim secara online, sehingga peserta dapat mengakses pengajuan klaim tersebut di manapun dan kapanpun hanya dengan melakukan upload dokumen melalui situs tersebut, dengan link https://lapakasik.bpjsketenagakerjaan.go.id/," imbuh dia.

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

Jamaah Haji Sapu Jagad Diberangkatkan

Senin, 27 Juni 2022 | 09:05 WIB

Pemkot Magelang Canangkan 11 Kampung Religi

Minggu, 26 Juni 2022 | 18:56 WIB

Kabupaten Magelang Dapat Alokasi 500 Vaksin PMK

Jumat, 24 Juni 2022 | 13:16 WIB
X