Sejumlah Even Bakal Meriahkan Peringatan Hari Lahir Pahlawan Asli Kaligesing WR Soepratman

- Minggu, 16 Januari 2022 | 19:29 WIB
Foto bersama usai kegiatan diskusi Jagongan Kaligesingan, di halaman rumah Kades Ngadirejo, Kecamatan Kaligesing (SM/Dok)
Foto bersama usai kegiatan diskusi Jagongan Kaligesingan, di halaman rumah Kades Ngadirejo, Kecamatan Kaligesing (SM/Dok)

PURWOREJO, suaramerdeka-kedu.com - Guna mengisi peringatan hari lahir WR Soepratman, yang lahir di Desa Somongari, Kecamatan Kaligesing, sejumlah even akan diadakan pada bulan Maret 2022 mendatang.

Hal itu terungkap dalam diskusi Jagongan Kaligesingan, di halaman rumah Kades Ngadirejo, Kecamatan Kaligesing, Jumat malam (14/1)

Hadir dalam diskusi, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Purworejo, Stephanus Aan Isa Nugroho, Ketua Dewan Pengawas Indonesia Off Road Federation (IOF) Pusat, Harjanto, Ketua Patco Purworejo, Nurmansyah, Camat Kaligesing, Wahyu Jaka Setianta, Kepala Desa Somongari, pegiat wisata Kecamatan Kaligesing, tokoh masyarakat Kaligesing dan karang taruna Desa Ngadirejo.

Kegiatan tersebut nantinya juga tidak hanya diselenggarakan di Desa Somongari saja, tetapi juga akan dilakukan di desa lain, termasuk di Desa Ngadirejo dan pendopo Kabupaten Purworejo.

"Dalam diskusi santai Jagongan Kaligesingan kali ini dengan tema dalam rangka mencari gagasan, mencari usulan, mencari informasi dimana sebentar lagi akan masuk bulan Maret, dimana kita akan memperingati hari lahir WR Soepratman. Kali ini tidak hanya akan dilakukan di Desa Somongari saja yang menjadi desa kelahiran tetapi untuk memberikan berkah bagi semuanya khususnya bagi warga Kaligesing, kami ada beberapa even hasil usulan dari Jagongan Kaligesingan yang insyaallah akan di kolaborasikan, dikembangkan menjadi even yang mana tidak hanya satu hari namun bisa seminggu atau lebih," kata Kepala Desa Ngadirejo, Agus Muzamil, yang juga sebagai salah satu penggagas Jagongan Kaligesingan.

Disebutkan, rencana kegiatan yang akan dilaksanakan diantaranya yakni off road nasional di Desa Ngadirejo. Para peserta offroad nantinya akan bermalam di Desa Ngadirejo dengan melakukan camping ground di obyek wisata bukit Joho, sekaligus melakukan konservasi dengan menanam pohon. Selain itu, parade juga akan dilakukan dengan menyusuri jalan-jalan desa menuju memorial house WR Soepratman di Desa Somongari.

"Jadi nanti akan dikolaborasikan dengan hari lahir WR Soepratman, yaitu dalam rangka menggali potensi wisata Desa Ngadirejo dan ini juga sangat bersinergi dalam rangka menyemarakkan harlah WR Soepratman," ungkapnya.

Lanjut Muzamil, guna mengangkat potensi yang ada di wilayah Kecamatan Kaligesing, dalam perjalanan menuju Desa Somongari, offroader juga akan mampir di setiap desa yang dilalui, guna mengetahui potensi desa yang dimiliki.

"Juga ada usulan nanti ke desa-desa yang dilalui, agar bagaimana untuk ada semacam cek point, misal dari Ngadirejo nanti mampir ke Pucungroto, lalu ke Tawangsari dan desa-desa yang ada di Kaligesing ini, dan nanti ada cek point apa yang bisa ditampilkan yang akan dilalui oleh para off-Roader, sehingga dengan hari kelahiran WR Soepratman ini nantinya bisa menjadi berkah bagi Kaligesing, Purworejo dan Indonesia secara umum," ujarnya.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PABERSI Kota Magelang Resmi Dibentuk

Kamis, 30 Juni 2022 | 17:18 WIB

Guru Ngajdi Dapat Bantuan Domba Gratis

Selasa, 28 Juni 2022 | 21:10 WIB

Kota Magelang Mulai Lakukan Vaksinasi PMK

Selasa, 28 Juni 2022 | 19:23 WIB
X