Perpustakaan Kota Magelang Aktifkan Lagi Bioskop Mini

- Minggu, 16 Januari 2022 | 15:49 WIB
SM/Asef Amani - BIOSKOP MINI: Sejumlah pelajar mendapatkan pengarahan terlebih dahulu sebelum menikmati film yang diputar di bioskop mini Perpustakaan Daerah Kota Magelang.
SM/Asef Amani - BIOSKOP MINI: Sejumlah pelajar mendapatkan pengarahan terlebih dahulu sebelum menikmati film yang diputar di bioskop mini Perpustakaan Daerah Kota Magelang.

MAGELANG, suaramerdeka-kedu.com - Sekian lama tak aktif, Perpustakaan Daerah Kota Magelang membuka kembali fasilitas bioskop mini. Hampir tiap hari terdapat sesi pemutaran film edukasi, kendati pengunjung tak seramai dulu.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Kota Magelang, Arif Barata Sakti mengatakan, bioskop mini digunakan oleh pelajar hingga mahasiswa untuk menonton film edukasi. Dengan bukanya fasilitas ini, tingkat kunjungan ke perpustakaan berangsur meningkat.

"Anak-anak dari taman kanak-kanak sampai mahasiswa dapat menonton di bioskop mini ini. Sekarang kunjungan ke perpustakaan lebih ramai karena selain membaca buku juga bisa menonton film edukasi," ujarnya saat dihubungi, Minggu (16/1).

Dia menuturkan bioskop mini berada di lantai satu gedung perpustakaan dan dapat menampung hingga 20 orang pengunjung dalam batasan protokol kesehatan. Pada keadaan sebelum pandemi, mini teater ini mampu menampung lebih dari 50 orang.

Baca Juga: Dispuspa Kabupaten Magelang Raih Penghargaan dalam Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial 2021

"Karena komitmen kami untuk menerapkan protokol kesehatan, maka tiap sesi kami batasi hanya 20 orang," kata mantan Kepala Balitbang Kota Magelang ini.

Dalam pemanfaatan bioskop mini, terang Arif, pihak sekolah atau kampus dapat terlebih dahulu menghubungi Disperpusip untuk menentukan jadwal kunjungan. Hal ini agar tidak bentrok dengan jadwal calon pengunjung lain, mengingat kapasitas ruang yang terbatas.

Adapun film yang dipilih, menurutnya, umumnya berbeda-beda, bergantung pada usia pengunjung. Misal, murid TK memilih film animasi, sementara mahasiswa menyukai film dokumenter sejarah.

"Beda usia, beda selera, maka tidak mungkin nonton bersamaan sehingga setelah ada jadwal nonton barulah kami informasikan kembali ke pihak sekolah," jelasnya.

Baca Juga: Merawat Dolanan Anak, Merawat Kegembiraan

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

LKPD Kota Magelang 2021 Raih WTP

Selasa, 24 Mei 2022 | 16:44 WIB

71 Orang Kota Magelang Berangkat Haji Tahun Ini

Selasa, 24 Mei 2022 | 16:07 WIB

Parade Sepeda Santai Meriahkan Harlah SMK Maligo

Selasa, 24 Mei 2022 | 08:50 WIB

Balon Udara Ancam Keselamatan Penerbangan

Selasa, 24 Mei 2022 | 08:42 WIB

669 PNS di Purworejo Naik Pangkat

Selasa, 24 Mei 2022 | 08:26 WIB

Purworejo Job Fair 2022 Diikuti 18 Perusahaan

Selasa, 24 Mei 2022 | 08:04 WIB

2 Sapi Suspek PMK Ditemukan di Magelang

Senin, 23 Mei 2022 | 15:05 WIB
X