Kemenag Kota Magelang Dorong UMKM Miliki Sertifikat Halal

- Senin, 3 Januari 2022 | 17:20 WIB
SM/Asef Amani - SERTIFIKAT HALAL: Kepala Kemenag Kota Magelang Sofia Nur menyerahkan sertifikat halal kepada perwakilan pelaku UMKM di momen upacara peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kemenag ke-76 tahun 2022 di halaman MAN Kota Magelang, Senin (3/1).
SM/Asef Amani - SERTIFIKAT HALAL: Kepala Kemenag Kota Magelang Sofia Nur menyerahkan sertifikat halal kepada perwakilan pelaku UMKM di momen upacara peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kemenag ke-76 tahun 2022 di halaman MAN Kota Magelang, Senin (3/1).

MAGELANG, suaramerdeka-kedu.com – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Magelang mendorong usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) bisa memiliki sertifikat halal. Sertifikat ini sebagai bukti bahwa produk yang diperjualbelikan telah memenuhi syarat kehalalan yang ditetapkan oleh fatwa MUI.

"Kita gencarkan di tahun 2022 ini agar pelaku UMKM dapat mengurus persyaratan sertifikat halal. Akan kita koordinasikan dengan MUI dan UMKM di Kota Magelang," ujar Kepala Kemenag Kota Magelang, Sofia Nur saat upacara peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kemenag ke-76 tahun 2022 di halaman MAN Kota Magelang, Senin (3/1).

Dalam upacara ini, pihaknya menyerahkan sertifikat halal kepada sejumlah pelaku UMKM di Kota Magelang. Secara simbolis sertifikat diserahkan oleh Wakil Wali Kota Magelang, M Mansyur kepada perwakilan penerima.

Dijelaskan Nur, sertifikat halal diberikan kepada sejumlah pelaku UMKM yang telah menenuhi syarat. Sertifikat ini sebagai bukti bahwa produk yang diperjualbelikan telah memenuhi syarat kehalalan yang ditetapkan oleh fatwa MUI.

Baca Juga: Kemenag Jateng Fasilitasi Perjuangan FGSNI dapat SK Inpassing 

"Syaratnya pelaku UMKM asal Kota Magelang sudah berizin dari instansi terkait, memenuhi standar tempat, dan sebagainya. Kami terus mendorong pelaku UMKM, terutama kuliner dan PKL, untuk mengurus sertifikat halal guna melindungi konsumen maupun produsen sendiri," katanya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Magelang, M Mansyur dalam kesempatan upacara ini membacakan amanat dari Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas Saefudin.

Dikatakannya, Kemenag terus tumbuh dan berkembang menjadi salah satu instansi pemerintah yang mempunyai peran penting dan strategis dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama, serta mewujudkan tatanan kehidupan beragama yang toleran dan ramah bagi semua.

"Setiap Hari Amal Bakti, tanggal 3 Januari, dicanangkan sebagai kick off pelaksanaan program atau kegiatan tahun berjalan," tuturnya.

Hal ini, lanjutnya, sejalan dengan slogan HAB ke-76 Kementerian Agama, yaitu Transformasi Layanan Umat. Transformasi yang dimaksud meliputi perubahan sikap dan perilaku yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, serta peningkatan sarana dan prasarana atau infrastruktur yang mempercepat dan mempermudah kinerja Kemenag dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

KPPN Magelang Serahkan DIPA dan Alokasi TKD 2023

Jumat, 9 Desember 2022 | 16:14 WIB

Pembangunan Puskesmas Bejen Molor

Jumat, 9 Desember 2022 | 15:26 WIB

DPRD Dorong Perbup Disabilitas Segera Dibuat

Rabu, 7 Desember 2022 | 13:16 WIB

Pemkot Magelang Raih SAKIP Predikat BB

Selasa, 6 Desember 2022 | 17:28 WIB
X