Wali Kota Magelang Lantik Pengurus Baznas dan Dewan Masjid Indonesia

- Senin, 3 Januari 2022 | 15:42 WIB
SM/Asef Amani - PELANTIKAN: Wali Kota Magelang, dr Muchamad Nur Aziz melantik pengurus Baznas Kota Magelang periode 2021-2026 dan pengurus DMI Kota Magelang periode pertama di Pendopo Pengabdian.
SM/Asef Amani - PELANTIKAN: Wali Kota Magelang, dr Muchamad Nur Aziz melantik pengurus Baznas Kota Magelang periode 2021-2026 dan pengurus DMI Kota Magelang periode pertama di Pendopo Pengabdian.

MAGELANG, suaramerdeka-kedu.com – Pengurus Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Magelang periode 2021-2026 dan Dewan Masjid Indonesia Kota Magelang periode pertama resmi dilantik. Kedua lembaga ini dinilai sangat penting, utamanya meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan dalam pengelolaan zakat dan masjid.

Wali Kota Magelang, dr Muchamad Nur Aziz secara langsung melantik pengurus kedua lembaga ini di Pendopo Pengabdian, beberapa waktu lalu. Ahmad Zainuddin dilantik menjadi Ketua Baznas Kota Magelang periode 2021-2026.

"Eksistensi Baznas sebagai lembaga nonstruktural di bawah naungan Kementerian Agama sangat penting. Utamanya dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan dalam pengelolaan zakat," ujar dr Aziz.

Dia menuturkan pihaknya bersyukur Baznas Kota Magelang bisa kembali aktif. Lembaga ini pun diharapkan bisa mengelola zakat dengan baik untuk menggerakkan perekonomian maupun kegiatan sosial di Kota Magelang.

Baca Juga: Baznas Kebumen Berikan Beasiswa Rp 1,6 Miliar, 709 Calon Penerima Ikuti Seleksi

"Baznas saya harapkan mampu menyokong program-program pemerintah yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Salah satunya upaya bersama-sama mengentaskan masalah kemiskinan," katanya.

Menurutnya zakat merupakan salah satu instrumen kunci dalam menumbuhkan dan meningkatkan perekonomian masyarakat. Terlebih selama pandemi Covid-19, Baznas menyalurkan bantuan bagi masyarakat melalui zakat, infak, dan sedekah.

"Melalui berbagai bantuan yang disalurkan itu tentunya akan memberikan manfaat serta meringankan beban masyarakat, terutama masyarakat kurang mampu dan terdampak Covid-19," jelasnya.

Terkait Dewan Masjid Indonesia Kota Magelang, diharapkan mampu membendung ancaman radikalisme, fanatisme sektarian, dan permusuhan yang berujung pada perpecahan. Lain itu, eksistensinya dapat menambah tingkat kekhusukan beribadah masyarakat, kata dr Aziz.

Baca Juga: Baznas Tasyarufkan Rp 2,8 M untuk Penanggulangan Kemiskinan Ekstrim

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

Jamaah Haji Sapu Jagad Diberangkatkan

Senin, 27 Juni 2022 | 09:05 WIB

Pemkot Magelang Canangkan 11 Kampung Religi

Minggu, 26 Juni 2022 | 18:56 WIB

Kabupaten Magelang Dapat Alokasi 500 Vaksin PMK

Jumat, 24 Juni 2022 | 13:16 WIB
X