Mahasiswa UAD Upayakan Penghijauan di Area Padat Penduduk

- Rabu, 29 Desember 2021 | 18:59 WIB
SM/dok - PADAT PENDUDUK: Tim KKN Alternatif 75 UAD Unit VA2 membagikan bibit tanaman buah kepada warga Kampung Singosaren, Wirobrajan, Yogyakarta untuk penghijauan di daerah padat penduduk.
SM/dok - PADAT PENDUDUK: Tim KKN Alternatif 75 UAD Unit VA2 membagikan bibit tanaman buah kepada warga Kampung Singosaren, Wirobrajan, Yogyakarta untuk penghijauan di daerah padat penduduk.

YOGYAKARTA, suaramerdeka-kedu.com – Bagi penduduk perkotaan, lahan sempit kerap menjadi kendala untuk melakukan penghijauan lingkungan. Padahal, penghijauan lingkungan sangat bermanfaat di kawasan perkotaan yang padat penduduk.

Melihat masalah itu, sembilan mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta berinisiatif membuat lorong sayur dan membagikan bibit tanaman buah. Mereka adalah kelompok KKN Alternatif 75 UAD Unit VA2.

 

Ketua Tim KKN, Naufal Fauzi Ramadhan mengatakan, pihaknya melakukan kegiatan KKN ini di Kampung Singosaren, Wirobrajan, Yogyakarta. Dia dan rekan-rekannya merasa prihatin atas sempitnya lahan di perkotaan yang mengakibatkan penghijauan lingkungan tidak optimal.

 

"Padahal, penghijauan lingkungan itu sangat bermanfaat bagi masyarakat perkotaan. Selain untuk keindahan juga berguna sebagai suplai oksigen," ujarnya dalam keterangan pers, kemarin.

Baca Juga: KKN UAD Manfaatkan Lorong Depan Rumah untuk Menanam Sayuran

Melalui kegiatan KKN ini, pihaknya ingin ikut berperan untuk menghijaukan lingkungan di RW 12 Kelurahan Pakuncen tersebut agar lebih hayati, hijau, dan asri. Program penghijauan lingkungan pun dilakukan dengan pembuatan lorong sayur dan pembagian bibit tanaman buah.

Pembuatan lorong sayur memanfaatkan botol bekas yang disusun meningkat. Kemudian ditempelkan di tembok-tembok Kampung Singosaren.

Lorong sayur ini berguna bagi ketahanan pangan warga Singosaren dan mendukung upaya penanganan stunting. Bahkan, dapat dikembangkan untuk kegiatan pariwisata di daerah tersebut, terang Naufal.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

KPU Temanggung Tetapkan 6 Dapil Pemilu 2024 Mendatang

Senin, 28 November 2022 | 18:40 WIB

3 Anggota Keluarga Tewas di Magelang, Dugaan Diracun

Senin, 28 November 2022 | 15:39 WIB

Kota Magelang Raih 6 STBM Award dari Kemenkes

Sabtu, 26 November 2022 | 10:15 WIB

Pelajar Gelar Doa Bersama, Untuk Korban Cianjur

Sabtu, 26 November 2022 | 10:14 WIB

1.300 Petani Tolak Kenaikan Cukai

Sabtu, 26 November 2022 | 10:02 WIB
X