Founder Tradha Group Beri Motivasi Bisnis Pelaku UMKM di Kelas Rukun

- Rabu, 22 Desember 2021 | 06:49 WIB
SM/Supriyanto - BERI MOTIVASI: Founder Tradha Group yang juga mantan Bupati Kebumen Ir H Mohammad Yahya Fuad SE bersama CEO Tradha Group dr Faiz Allaudien Reza Mardhika memotivasi pelaku UMKM dalam Kelas Rukun di Temanhati Coffee, Senin (21/12).
SM/Supriyanto - BERI MOTIVASI: Founder Tradha Group yang juga mantan Bupati Kebumen Ir H Mohammad Yahya Fuad SE bersama CEO Tradha Group dr Faiz Allaudien Reza Mardhika memotivasi pelaku UMKM dalam Kelas Rukun di Temanhati Coffee, Senin (21/12).
KEBUMEN, suaramerdeka-kedu.com - Founder Tradha Group yang juga mantan Bupati Kebumen Ir H Mohammad Yahya Fuad SE memberikan motivasi kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) agar terus melanjutkan menjadi seorang wirausaha.
 
"Sekecil-kecilnya usaha, meski hanya memiliki seorang karyawan kita adalah seorang bos bagi usaha kita sendiri," ujar Ir H Mohammad Yahya Fuad SE saat menjadi pembicara Kelas Rukun (Rumah UKM Kebumen) di Temanhati Coffee, Senin (21/12).
 
Kelas bagi para pelaku UMKM periode I memberikan materi "Kita Jitu Menangkan Pasar" dengan peserta terbatas yakni 50 peserta.
 
 
Dalam kesempatan itu, CEO Tradha Group dr Faiz Allaudien Reza Mardhika juga turut membagikan pengalamannya dari seorang dokter menjadi pengusaha dan mengelola Tradha Group.
 
Menurut Fuad, mindset sebagian besar lulusan lembaga pendidikan masih mencari pekerjaan bukan menciptakan pekerjaan. Sehingga perlu kemampuan melihat dan memanfaatkan peluang meskipun di tengah kesempitan.
 
 
"Kemudian apapun usahanya kualitas jaringan sangat penting. Untuk itulah manfaat dari silaturahmi," ujarnya.
Selain bos Tradha Group, kelas bisnis ini menghadirkan Founder Allisha Food Nurrokhman bersama Co-Founder Allisha Titin. Peserta terbatas ini tampak antusias mengikuti kegiatan mulai pukul 08.00-15.00 wib.
 
Ketua Rukun Kebumen Nanang Wahidin Yusuf menjelaskan bahwa Kelas Rukun nantinya akan ada beberapa kelas. Setiap kelas nantinya akan ada materi dan mentor yang berbeda-beda.
 
"Untuk kelas sekarang terkait kiat jitu pemasaran. Rencananya, kelas akan digelar secara berkelanjutan," ujar Nanang Wahidin Yusuf kepada Suara Merdeka di sela-sela acara.
 
Promosikan Produk
 
Pemilik Hury Asesories ini menambahkan, pada kelas periode pertama ini dia berharap para pelaku UMKM memiliki standar yang layak untuk dipasarkan. Mulai dari kemasan, harga, hingga isi yang disesuaikan.
 
"Setelah materi dasar,  selanjutnya akan diberikan materi lanjutan seperti branding," ujarnya.
 
Kegiatan ini akan menuju acara Kebumen StartUp Competition 2022 pada januari mendatang. Nanti akan ada rangkaian kegiatan mulai sosialisasi produk layak ritel.
 
 
Sosialisasi akan menghadirkan stakeholder pemasar seperti Jadi Baru, Rita Pasaraya maupun perusahaan ritel yang lain.
 
"Nantinya dari pihak ritel akan melihat produk yang sudah standar dari hasil kelas pertama ini. Peserta juga mendapatkan kesempatan mempresentasikan keunggulan produk dan lain sebagainya," ujarnya seraya menyebutkan endingnya produk UMKM bisa masuk di ritel.
 
Tidak sampai di sana, setelah masuk ke pasar ritel, biasanya pelaku UMKM akan tersandung modal karena harus meningkatkan kepasitas produksi.
 
 
"Sebagai solusi, RUKUN menggandeng Tradha Foundation untuk memberikan bantual modal tanpa bunga tanpa agunan," ujarnya.
 
Nanang menjelaskan, Rukun  Kebumen merupakan gabungan dari komunitas UMKM di Kebumen seperti Forum UMKM Oline, Kebumen Berdikari, Asosiasi UMKM dan sebagainya. Rukun juga membantu promosi program "Demen Bumen".
 
"Kami secara rutin mempromosikan produk UMKM ke dinas-dinas di lingkungan Pemkab Kebumen maupun instansi vertikal. Kita sudah menyambangi 20 tempat baik dinas, rumah sakit, BUMN hingga Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama" ujarnya.

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

Berikut Daftar Juara Magelang Innovation Award 2022

Senin, 5 Desember 2022 | 21:30 WIB

Intip Fasilitas Hotel Royal Malioboro

Senin, 5 Desember 2022 | 19:25 WIB

Harga Racun yang Dibeli Dhio untuk Bunuh Keluarganya

Senin, 5 Desember 2022 | 12:00 WIB

Grebeg Gunungan Tutup Ketep Summit Fest 2022

Minggu, 4 Desember 2022 | 20:00 WIB

Kota Magelang Raih Anugerah Meritokrasi dari KASN

Minggu, 4 Desember 2022 | 19:07 WIB

SMA N 3 Magelang Kini Miliki Layanan Digitalisasi

Kamis, 1 Desember 2022 | 19:30 WIB

'Symphony Rindu' ala Ketep Summit Fest Digelar Besok

Kamis, 1 Desember 2022 | 09:00 WIB
X