Pelajar di Sempor Berjibaku Melewati Jalan Rusak

- Kamis, 16 Desember 2021 | 18:12 WIB
Jalan rusak di Desa Donorojo, Kecamatan Sempor, Kebumen dilewati anak sekolah. (SM/Arif Widodo)
Jalan rusak di Desa Donorojo, Kecamatan Sempor, Kebumen dilewati anak sekolah. (SM/Arif Widodo)

KEBUMEN, suaramerdeka-kedu.com - Pelajar di Desa Kenteng dan Desa Donorojo, Kecamatan Sempor, Kebumen, harus berjibaku melewati jalan rusak saat berangkat dan pulang sekolah.

Kondisi memperihatinkan tersebut diperparah ketika memasuki musim penghujan seperti sekarang ini. Di mana jalan yang masih bebatuan itu menjadi sangat licin dan berbahaya bagi pengguna jalan. 

Para orang tua siswa pun mengkhawatirkan anak-anaknya. Namun tidak bisa berbuat banyak, lantaran sebagian besar hanya bermata pencaharian sebagai buruh tani dan penyadap getah pinus dengan penghasilan yang tidak menentu. 

"Memang ada transportasi ojek motor untuk mengantar anak ke sekolah. Tapi kan kalau diitung-itung cukup berat karena harus keluar uang Rp 50 ribu pulang pergi sekolah," ungkap salah satu wali murid, Sutrisno.

Jika cuaca cerah, para pelajar setempat memutuskan berangkat dari rumah pukul 05.30. Suharti yang siswa kelas 6 SD N 1 Kenteng berangkat pagi buta bersama dengan teman-temannya agar tidak terlambat sampai ke sekolah. Namun saat hujan, Suharti dan teman-temannya memilih tidak berangkat sekolah

"Kalau pas hujan, kami pilih tidak berangkat sekolah karena jalan yang dilewati cukup licin dan berbahaya," kata Suharti. Meski demikian, para pelajar di Desa Kenteng dan Donorojo mengaku tetap bersemangat untuk bersekolah dan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Seperti Suharti yang bercita-cita menjadi dokter. Sementara itu, salah seorang guru di SD N 4 Donorojo Sukardi mengaku sangat perihatin dengan kondisi jalan rusak yang menjadi akses satu-satunya ke sekolah tersebut.

Terlebih, sebagian anak didiknya harus melewati jalan rusak setiap akan berangkat ke sekolah.

Bahkan tidak sedikit anak didiknya harus putus sekolah lantaran jalan yang sudah rusak bertahun-tahun belum kunjung ada perbaikan. 

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPPN Magelang Serahkan DIPA dan Alokasi TKD 2023

Jumat, 9 Desember 2022 | 16:14 WIB

Pembangunan Puskesmas Bejen Molor

Jumat, 9 Desember 2022 | 15:26 WIB

DPRD Dorong Perbup Disabilitas Segera Dibuat

Rabu, 7 Desember 2022 | 13:16 WIB

Pemkot Magelang Raih SAKIP Predikat BB

Selasa, 6 Desember 2022 | 17:28 WIB
X