Rombak Taman Rekreasi Mendut, Kabupaten Magelang akan Bangun Kampung Mataram Kuno

- Selasa, 14 Desember 2021 | 17:00 WIB
Kompleks Taman Rekreasi Mendut yang akan dirombak menjadi Kampung Mataram Kuno, Kamis (9/12/2021). (Suara Merdeka/Birru Rakaitadewa)
Kompleks Taman Rekreasi Mendut yang akan dirombak menjadi Kampung Mataram Kuno, Kamis (9/12/2021). (Suara Merdeka/Birru Rakaitadewa)

MAGELANG, suaramerdeka-kedu.com - Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang berencana merombak kolam renang Taman Rekreasi Mendut menjadi Kampung Mataram Kuno. Tempat wisata edukasi yang menampilkan hasil kebudayaan masyarakat pada masa Kerajaan Mataram Kuno.

Kepala Disparpora Kabupaten Magelang, Slamet Ahmad Husein mengatakan, Kampung Mataram Kuno adalah wahana wisata edukasi yang menampilkan hunian, dapur, dan hasil kebudayaan lain pada masa Kerajaan Mataram Kuno.

Selain itu, terdapat amfiteater dengan tata suara dan cahaya yang mutakhir. Namun, arsitekturnya akan dibuat menyesuaikan arsitektur era Mataram Kuno.

Amfiteater dibangun, ungkap Husein, lantaran kantor Tourist Information Center (TIC) Borobudur berikut amfiteater dalam kompleks kantor ini akan diubah menjadi kawasan terbuka hijau.

"Kantor TIC juga akan pindah di Taman Rekreasi Mendut," ujarnya saat ditemui, Selasa (14/12/2021).

Husein menerangkan kompleks Kampung Mataram Kuno kelak juga berisi stan kuliner, stan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), dan dermaga arung jeram.

Dia menambahkan instansi terkait saat ini tengah melakukan studi kelayakan terhadap detail engineering design (DED) tempat wisata tersebut.

Secara terpisah, anggota tim teknis pembangunan Kampung Mataram Kuno, Mul Budi Santoso menuturkan, Taman Rekreasi Mendut dipilih sebagai lokasi pembangunan lantaran kolam renang tersebut dianggap tidak akan mendatangkan wisatawan dari luar Magelang.

Pertimbangan lainnya ialah potensi limpahan wisatawan yang mengunjungi Taman Wisata Candi Borobudur.

"Harapannya Simpang Mendut itu menjadi kunjungan wisata melengkapi DSP (destinasi super prioritas, red) Borobudur," tandas dia.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

KPU Temanggung Tetapkan 6 Dapil Pemilu 2024 Mendatang

Senin, 28 November 2022 | 18:40 WIB

3 Anggota Keluarga Tewas di Magelang, Dugaan Diracun

Senin, 28 November 2022 | 15:39 WIB

Kota Magelang Raih 6 STBM Award dari Kemenkes

Sabtu, 26 November 2022 | 10:15 WIB

Pelajar Gelar Doa Bersama, Untuk Korban Cianjur

Sabtu, 26 November 2022 | 10:14 WIB

1.300 Petani Tolak Kenaikan Cukai

Sabtu, 26 November 2022 | 10:02 WIB
X