Special Interest Tourism Diprioritaskan Untuk 3 Kecamatan

- Senin, 13 Desember 2021 | 17:39 WIB
Sejumlah peserta diajak belajar melukis alam saat mengikuti uji paket wisata di Taman Wisata Curug Kaliurip, Kecamatan Kemiri (SM/Dok)
Sejumlah peserta diajak belajar melukis alam saat mengikuti uji paket wisata di Taman Wisata Curug Kaliurip, Kecamatan Kemiri (SM/Dok)

PURWOREJO, suaramerdeka-kedu.com-Upaya pengembangan pariwisata dengan konsep Special Interest Tourism atau Pariwisata Minat Khusus bakal diprioritaskan untuk 3 kecamatan di Kabupaten Purworejo.

Tiga kecamatan tersebut yakni Kemiri, Pituruh, dan Bruno. Guna mewujudkannya, ketiganya harus mampu mewujudkan keterpaduan antar kawasan.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) Kabupaten Purworejo, Stephanus Aan Isa Nugroho, saat menghadiri kegiatan Uji Paket Wisata di Taman Wisata Curug Kaliurip Desa Kaliurip, Kecamatan Kemiri, akhir pekan kemarin.

Menurut Aan, Kecamatan Kemiri, Bruno, dan Pituruh yang membentang di bagian barat dan utara Kabupaten Purworejo secara geografis memiliki kesamaan, yakni adanya dataran tinggi atau pegunungan.

Selain kaya destinasi wisata alam, masing-masing juga memiliki karakteristik unik, mulai dari potensi seni budaya, kuliner, hingga kearifan lokal masyarakat yang masih lestari.

“Pengembangan wisata special interest patut kita persiapkan. Memang tidak menutup kemungkinan ada peluang investasi di 3 kawasan ini. Namun secara umum, keterpaduan antarkawasan menjadi kunci pengembangan kawasan ini,” terangnya.

Lebih lanjut, dijelaskan Aan, secara umum prioritas pengembangan pariwisata di Kabupaten Purworejo terbagi atas 4 klaster kawasan.

Selain kawasan Special Interest Tourism, 3 klaster lainnya yakni Kawasan Pantai Terpadu di bagian selatan, Kawasan Perkotaan di bagian tengah, dan Kawasan Otorita Borobudur.

“Masing-masing klaster kita garap secara bertahap. Mudah-mudahan pengembangan per klaster ini bisa disinergikan,” jelasnya.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kemenkeu Jateng, Paparkan Kinerja Positif APBN 2022

Jumat, 27 Januari 2023 | 19:03 WIB

Polda Jateng Mulai Uji Coba Drone Tilang Elektronik

Jumat, 27 Januari 2023 | 18:07 WIB

Realisasi PAD Kota Magelang Naik Signifikan

Jumat, 27 Januari 2023 | 17:00 WIB

Barongsai Sebagai Simbol Pembawa Berkah

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:09 WIB

Sedapnya Kue Keranjang Imlek Balutan Daun Pisang

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:04 WIB
X