Dukung Fasilitas Air Bersih, Bupati Resmikan Pamsimas di 40 Desa

- Selasa, 7 Desember 2021 | 20:14 WIB
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto meresmikan Pamsimas di 40 Desa (SM/DOK)
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto meresmikan Pamsimas di 40 Desa (SM/DOK)

KEBUMEN, suaramerdeka-kedu.com-Bupati Kebumen Arif Sugiyanto meresmikan program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) yang dipusatkan di Desa Jatimulyo, Kecamatan Alian, Selasa (7/12). Ada 40 desa dari 16 kecamatan yang mendapatkan program ini pada 2021.


Bupati menyampaikan, penyedian air bersih merupakan keharusan yang dilakukan pemerintah kepada masyarakat. Sebab, air adalah kebutuhan dasar manusia, dan masyarakat punya hak untuk mendapatkan air bersih berkelanjutan dengan infrastruktur yang memadai.


"Program PAMSIMAS ini mampu menghasilkan infrastruktur air minum dan sanitasi berskala kecil dengan pembiayaan yang relatif rendah dan kualitas konstruksi yang baik. Untuk itu, para pelaku program diharapkan dapat meningkatkan dampak positif yang dihasilkan dari program pamsimas,” ujar Bupati.


Dengan program ini pula diharapkan ketersedian air bersih di Kebumen semakin merata. Masyarakat semakin sehat, dan sekaligus mampu merubah perilaku masyarakat untuk tidak lagi buang air sembarang, yang bisa mencemari lingkungan sekitar.


“Kontribusi desa-desa, masyarakat, serta pihak-pihak yang peduli dengan air minum dan sanitasi sangat diharapkan untuk dapat menyukseskan program PAMSIMAS ini. Saya harap 2024 nanti seluruh desa di Kebumen sudah bisa mendapatkan fasilitas air bersih,” tuturnya.


Sementara itu Kepala Dinas PUPR Haryono Wahyudi menambahkan, program ini dapat terselenggara berkat kerjasama lintas OPD, yakni Bappeda, DPUPR, DispermasdesP3A dan Dinkes, serta kecamatan, desa, dan seluruh masyarakatnya.


Melalui PAMSIMAS ini, setidaknya sudah 2004 rumah yang terpasang sambungan air bersih. "Pendanaanya kita ambil dari dana APBN dana desa dan juga dari dana swadaya masyarakat. Alhamdulillah hari sudah terlaksana program PAMSIMAS di 40 desa," terangnya.

Baca Juga: Pengemudi Truk yang Terseret Lahar Dingin di Sungai Bebeng Ditemukan

PAMSIMAS 2021 ini terbagi menjadi 4 program, yakni PAMSIMAS Reguler dengan sumber dana APBN sebanyak 15 desa, PAMSIMAS Reguler dengan sumber dana APBD sebanyak 5 desa, PAMSIMAS Hibah Insentif Desa dengan sumber dana APBN sebanyak 18 desa, dan PAMSIMAS Hibah Insentif Desa MAMA (Menuju Air Minum Aman) dari APBN sebanyak 2 desa.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Sumber: Kab. Kebumen

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Warga Wonosobo Tewas Tertimpa Pohon Albasia

Rabu, 19 Januari 2022 | 16:58 WIB

UPPD Kota Magelang Terima Bantuan Mobil Operasional

Rabu, 19 Januari 2022 | 16:40 WIB

Upanat, dari Relief Hingga Alas Kaki

Rabu, 19 Januari 2022 | 14:04 WIB

Bupati Dorong OPD Rampungkan LKPJ

Rabu, 19 Januari 2022 | 09:38 WIB

Vaksin Booster mulai Diberikan untuk Umum

Rabu, 19 Januari 2022 | 08:35 WIB

Mortir Tinggalan Perang Ditemukan di Butuh

Rabu, 19 Januari 2022 | 08:30 WIB

Bank Raya Indonesia Hadir di Temanggung

Selasa, 18 Januari 2022 | 19:38 WIB
X