Tim PKM Unimma-Bank Sampah Sugihmas Olah Limbah Popok Jadi Media Tanam

- Rabu, 8 Desember 2021 | 09:45 WIB
SM/dok  - OLAH POPOK: Tri dari BUMDES Cecelan Magelang mempraktikkan cara mengolah limbah popok menjadi barang bermanfaat berupa pot bunga dan lainnya.
SM/dok - OLAH POPOK: Tri dari BUMDES Cecelan Magelang mempraktikkan cara mengolah limbah popok menjadi barang bermanfaat berupa pot bunga dan lainnya.

MAGELANG, suaramerdeka-kedu.com - Tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) bersama Bank Sampah Sugihmas, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang berupaya mencari solusi atas masalah sampah popok bayi di Desa Sugihmas, Grabag, Magelang. Sebab kesadaran masyarakat mengurangi penggunaan popok masih rendah.

"Maka, diperlukan sebuah inovasi agar limbah popok tersebut menjadi sesuatu yang bermanfaat," ujar Ketua Tim PKM Unimma, Endah Ratna Arumi dalam keterangan persnya, Selasa (7/12).

Dia menuturkan, pemakaian popok sekali pakai memang bertujuan memudahkan dan memberikan kenyamanan bagi ibu dan anak, namun justru menjadi masalah baru pada lingkungan. Tidak hanya menimbulkan masalah pencemaran pada lingkungan saja, tetapi juga berdampak pada masalah kesehatan.

Baca Juga: Mantan Satpam Olah Sampah Jadi Bijih Plastik

"Menurut riset Bank Dunia pada tahun 2020, popok sekali pakai menjadi penyumbang sampah terbanyak ketiga di laut, yakni 21%. Studi banding dilakukan guna menemukan solusi tepat atas masalah tersebut," katanya.

Menurutnya, belajar pada Bank Sampah di Dusun Cecelan, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang menjadi cara yang tepat. Sebab, bank sampah tersebut berhasil mengolah limbah popok menjadi pot tanaman, pupuk POC, serta alat pendeteksi gempa.

"Bagian luar popok dapat dibuat menjadi pot tanaman. Lalu butiran di dalam popok juga dapat diolah menjadi pupuk tanaman organik atau pupuk POC bagi tanaman serta alat pendeteksi gempa," jelasnya.

Baca Juga: Bank Sampah Bunga Sabet Gelar Juara

Cara pembuatan pot tanaman, katanya, sangat mudah dan murah, yaitu popok direndam secara menyeluruh ke dalam adonan semen lalu ditumpuk di atas ember sebagai cetakan hingga menutupi permukaan. Jika susunan sudah rapat, jemur di bawah terik matahari minimal sehari agar keras sempurna.

"Pot dari popok pun siap digunakan untuk menanam tanaman," tuturnya.

Selanjutnya, imbuh Endah, dengan solusi pengolahan dan pemanfaatan limbah popok tersebut diharapkan tidak ada masalah lagi terkait pencemaran lingkungan di Desa Sugihmas.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

Warga Wonosobo Tewas Tertimpa Pohon Albasia

Rabu, 19 Januari 2022 | 16:58 WIB

UPPD Kota Magelang Terima Bantuan Mobil Operasional

Rabu, 19 Januari 2022 | 16:40 WIB

Upanat, dari Relief Hingga Alas Kaki

Rabu, 19 Januari 2022 | 14:04 WIB

Bupati Dorong OPD Rampungkan LKPJ

Rabu, 19 Januari 2022 | 09:38 WIB

Vaksin Booster mulai Diberikan untuk Umum

Rabu, 19 Januari 2022 | 08:35 WIB

Mortir Tinggalan Perang Ditemukan di Butuh

Rabu, 19 Januari 2022 | 08:30 WIB

Bank Raya Indonesia Hadir di Temanggung

Selasa, 18 Januari 2022 | 19:38 WIB
X