IDP Perjuangkan Perbub Disabilitas

- Selasa, 7 Desember 2021 | 19:58 WIB
Para penyandang disabilitas di Purworejo mengharapkan situasi yang inklusif hingga tingkat desa (SM/Hafidz Kurnia)
Para penyandang disabilitas di Purworejo mengharapkan situasi yang inklusif hingga tingkat desa (SM/Hafidz Kurnia)

PURWOREJO, suaramerdeka-kedu.com-Para penyandang disabilitas yang tergabung dalam Ikatan Disabilitas Purworejo (IDP) perjuangkan Peraturan Bupati (Perbub) Disabilitas.

Perbub tersebut nantinya akan sangat menunjang peranan penyandang diabilitas di tengah-tengah masyarakat. Selain itu, para penyandang disabilitas juga sedang memperjuangkan fasilitas umum yang ramah disabilitas.

Wakil Ketua IDP, Sarino, mengatakan, dirinya bersama para penyandang disabilitas di Purworejo sedang memperjuangkan adanya Peraturan Bupati (Perbub) Disabilitas agar di Purworejo terwujud situasi yang inklusif secara menyeluruh hingga ke tingkat desa.

"Jadi bisa menjangkau sampai desa, para disabilitas bisa mempunyai peran baik di tingkat desa, kecamatan dan kabupaten. Mungkin musrenbang kabupaten kita dilibatkan tapi tingkat desa belum, padahal kita butuh fasilitas publik yang ramah disabilitas," jelasnya, baru-baru ini.

Dirinya menyebut bahwa beberapa fasilitas umum di Purworejo juga belum sepenuhnya ramah disabilitas. Namun begitu, sejumlah tempat pelayanan umum di Purworejo seperti rumah sakit, kantor kepolisian dan pengadilan sudah terdapat fasilitas ramah disabilitas.

Pihaknya juga mengapresiasi upaya pemerintah dan semua pihak yang telah memberikan berbagai fasilitas dan bantuan bagi penyendang disabilitas. Diantaranya yakni bantuan beasiswa kuliah gratis bagi penyandang disabilitas.

Salah satu penerima manfaat dari beasiswa tersebut yakni Amat Mulyadi (40) yang saat ini berkuliah jurusan Psikologi di Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP). Penyandang disabilitas fisik yang menyebabkan dirinya harus menggunakan kursi roda tersebut mengaku senang dengan adanya program beasiswa bagi disabilitas ini.

Baca Juga: Peringati Hari Disabilitas, IDP Beri Pengobatan Bio Elektrik

Karena menurutnya para penyandang disabilitas memiliki hak yang sama dalam mendapatkan pendidikan. Dirinya juga menghimbau bagi para penyandang disabilitas untuk mengambil kesempatan beasiswa ini.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Warga Wonosobo Tewas Tertimpa Pohon Albasia

Rabu, 19 Januari 2022 | 16:58 WIB

UPPD Kota Magelang Terima Bantuan Mobil Operasional

Rabu, 19 Januari 2022 | 16:40 WIB

Upanat, dari Relief Hingga Alas Kaki

Rabu, 19 Januari 2022 | 14:04 WIB

Bupati Dorong OPD Rampungkan LKPJ

Rabu, 19 Januari 2022 | 09:38 WIB

Vaksin Booster mulai Diberikan untuk Umum

Rabu, 19 Januari 2022 | 08:35 WIB

Mortir Tinggalan Perang Ditemukan di Butuh

Rabu, 19 Januari 2022 | 08:30 WIB

Bank Raya Indonesia Hadir di Temanggung

Selasa, 18 Januari 2022 | 19:38 WIB
X