Peringati Hari Disabilitas, IDP Beri Pengobatan Bio Elektrik

- Selasa, 7 Desember 2021 | 19:47 WIB
Beberapa penyandang disabilitas menghadiri peringatan hari disabilitas nasional di sekertariat Ikatan Disabilitas Purworejo (IDP) (SM/Hafidz Kurnia)
Beberapa penyandang disabilitas menghadiri peringatan hari disabilitas nasional di sekertariat Ikatan Disabilitas Purworejo (IDP) (SM/Hafidz Kurnia)

PURWOREJO, suaramerdeka-kedu.com-Untuk memperingati hari disabilitas internasional, Ikatan Disabilitas Purworejo (IDP) menggelar bakti sosial dengan memberikan fasilitas pengobatan gratis.

Pengobatan gratis tersebut berupa terapi bio elektrik yang diperuntukkan bagi penyandang disabilitas dan masyarakat umum lainnya. Peringatan hari disabilitas yang digelar di halaman sekertariat IDP ini dihadiri para penyandang disabilitas dari seluruh wilayah Purworejo, baru-baru ini.

Sarino, Wakil Ketua Ikatan Disabilitas Purworejo (IDP) mengemukakan, pelaksanaan hari disabilitas di Purworejo baru kali ini digelar secara bersamaan. Pada tahun-tahun sebelumnya peringatannya selalu digelar terpisah tiap kecamatan.

"Dalam peringatan kali ini kita gelar pengobatan gratis berupa terapi bio elektrik, jadi itu nanti para penyandang disabilitas dialiri listrik ke badannya, pendamping disabilitas juga bisa ikut terapi, jadi untuk masyarakat biasa juga bisa," ungkapnya saat ditemui pada sela-sela kegiatan pengobatan gratis.

Terapi bio elektrik atau terapi listrik diketahui adalah metode pengobatan penyakit yang memanfaatkan rangsangan elektrik. Terapi listrik dapat meringankan rasa sakit dan menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti saraf, nyeri sendi, nyeri tulang belakang, stroke, cedera otot, asam urat, rematik, dan lainnya.

Baca Juga: Ketua DPRD Soroti Masalah Sempitnya Lapak Pasar Purworejo

"Sehingga nanti juga para penyandang disabilitas yang aktivitas badannya berbeda dengan orang biasanya bisa terangsang sarafnya. Terapi itu dapat melancarkan peredaran darah juga melalui listrik yang dialirkan ke tubuh pasien," katanya.

Selain itu, lanjutnya, diadadakan juga penyuluhan dari tim Taruna Siaga Bencana (Tagana) Purworejo tentang tanggap bencana bagi disabilitas. Mengingat saat ini adalah musim penghujan dan rawan terjadi bencana. "Ada juga pembagian hadiah bagi penyandang disabilitas yang hadir, hadiah-hadiah itu sumbangan dari berbagai komunitas di Purworejo yang peduli terhadap disabilitas," imbuhnya.

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Warga Wonosobo Tewas Tertimpa Pohon Albasia

Rabu, 19 Januari 2022 | 16:58 WIB

UPPD Kota Magelang Terima Bantuan Mobil Operasional

Rabu, 19 Januari 2022 | 16:40 WIB

Upanat, dari Relief Hingga Alas Kaki

Rabu, 19 Januari 2022 | 14:04 WIB

Bupati Dorong OPD Rampungkan LKPJ

Rabu, 19 Januari 2022 | 09:38 WIB

Vaksin Booster mulai Diberikan untuk Umum

Rabu, 19 Januari 2022 | 08:35 WIB

Mortir Tinggalan Perang Ditemukan di Butuh

Rabu, 19 Januari 2022 | 08:30 WIB

Bank Raya Indonesia Hadir di Temanggung

Selasa, 18 Januari 2022 | 19:38 WIB
X