Galang Dana Korban Gunung Semeru Lewat Reog di Jalanan

- Selasa, 7 Desember 2021 | 15:45 WIB
SM/Birru Rakaitadewa - TARI REOG: Seorang anggota Paguyuban Seni Singo Dilogo menari reog di perempatan lampu lalu lintas Tugu Besi, Kecamatan Muntilan, Selasa (7/12).
SM/Birru Rakaitadewa - TARI REOG: Seorang anggota Paguyuban Seni Singo Dilogo menari reog di perempatan lampu lalu lintas Tugu Besi, Kecamatan Muntilan, Selasa (7/12).

MAGELANG, suaramerdeka-kedu.com - Pertunjukan reog tersuguhkan oleh Paguyuban Seni Singo Dilogo di perempatan lampu lalu lintas Tugu Besi, Kecamatan Muntilan, Selasa (7/12). Sebuah pertunjukan untuk penggalangan dana bagi korban erupsi Gunung Semeru.

Begitu lampu lalu lintas berwarna merah, dua orang yang mengenakan singo barong, topeng berukuran besar khas pertunjukan reog, menari-nari di depan garis marka. Para pengendara seakan menjadi penonton sebuah pementasan.

Tarian mereka seiring dengan alat musik yang berkumandang. Angklung, gong suwukan, kendang mengalun dari para niyaga di tengah bising lalu lalang kendaraan.

Baca Juga: Miwiti Umbul Dewi Sri, Ritual Cegah Padi dari Penyakit dan Mala

Sejumlah orang dengan membawa kardus menuju kendaraan-kendaraan yang berhenti. Tentu saja untuk menampung uang donasi bagi korban erupsi Gunung Semeru.

Tri Tanto, Pimpinan Padepokan Seni Singo Dilogo, mengatakan penggalangan dana dilakukan lantaran ia juga merasakan betapa sakit dan susahnya terkena erupsi lava gunung.

Dia adalah warga Dusun Gumuk, Desa Sumber, Kecamatan Dukun. Tempat tinggalnya yang hanya berjarak 7 kilometer dari puncak Gunung Merapi.

Baca Juga: Seniman Satriyo Sambat kepada Pahlawan Lewat Tarian

"Jadi kami merasakan kesedihan dan kesakitan yang dialami saudara-saudara kita yang ada di Gunung Semeru," ujarnya di sela-sela pertunjukan.

Tri menyebut tidak ada target besaran uang yang dikumpulkan. Dia bilang penggalangan dana dilakukan semampu anggota paguyuban seni saja.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

Warga Wonosobo Tewas Tertimpa Pohon Albasia

Rabu, 19 Januari 2022 | 16:58 WIB

UPPD Kota Magelang Terima Bantuan Mobil Operasional

Rabu, 19 Januari 2022 | 16:40 WIB

Upanat, dari Relief Hingga Alas Kaki

Rabu, 19 Januari 2022 | 14:04 WIB

Bupati Dorong OPD Rampungkan LKPJ

Rabu, 19 Januari 2022 | 09:38 WIB

Vaksin Booster mulai Diberikan untuk Umum

Rabu, 19 Januari 2022 | 08:35 WIB

Mortir Tinggalan Perang Ditemukan di Butuh

Rabu, 19 Januari 2022 | 08:30 WIB

Bank Raya Indonesia Hadir di Temanggung

Selasa, 18 Januari 2022 | 19:38 WIB
X