Korban PHK, Ucok Bangkit Buat Helm Sepeda Vintage Da Corsa

- Senin, 29 November 2021 | 16:28 WIB
SM/Asef F Amani - HELM VINTAGE: Ucok dan Joni mengerjakan helm sepeda vintage karyanya yang merupakan pesanan dari konsumen.
SM/Asef F Amani - HELM VINTAGE: Ucok dan Joni mengerjakan helm sepeda vintage karyanya yang merupakan pesanan dari konsumen.

MAGELANG, suaramerdeka-kedu.com - Menjadi korban pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat pandemi Covid-19 tak menyurutkan semangat Muhammad Husain Ardhian Purba patah semangat.

Pria 38 tahun yang akrab disapa Ucok ini bangkit kembali dengan menekuni usaha pembuatan helm sepeda vintage bernama Da Corsa.

Bertempat di ruang workshop yang berukuran kecil, Ucok bersama rekannya, Joni Ariyanto (41) sibuk membuat pola, mengelem, dan menjahit helm vintage pesanan konsumen.

Baca Juga: Inspektur Daerah Dituntut Miliki Sifat Asah, Asih, Asuh

Kurang lebih satu tahun usaha ini dijalaninya dengan omset yang lumayan untuk ukuran UMKM baru.

Ucok yang lahir di Parakan dari orang tua asli Medan ini mengatakan, sebelum pandemi ia masih tercatat sebagai karyawan di perusahaan jaringan listrik di Semarang.

Nasib berubah ketika pandemi Covid-19 melanda tanah air, ia dan puluhan karyawan lain terkena kebijakan pengurangan tenaga kerja.

Baca Juga: Film Dokumenter “The Flame” Ungkap Kisah Nyata Pejuang Hutan Adat di Kalimantan dalam Festival Film Tahunan Jo

“Saya balik ke Magelang tanpa pekerjaan. Banyak waktu luang saya manfaatkan untuk menyalurkan hobi sepedaan. Suatu waktu saya lihat teman memakai helm yang unik, tak seperti helm sepeda biasanya,” ujarnya di workshopnya Kampung Dumpoh RT/RW 01/07 Kelurahan Potrobangsan.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

Tiga Bidang untuk Majukan NU di Wonosobo

Senin, 6 Februari 2023 | 08:51 WIB

Gerai Layanan SIM Hadir di MPP Kota Magelang

Minggu, 5 Februari 2023 | 21:27 WIB

Kemeriahan Kirab Cap Go Meh 2023 Kota Magelang

Minggu, 5 Februari 2023 | 17:57 WIB

Wonosobo Pasang 40 Ribu Patok pada Gemapatas

Jumat, 3 Februari 2023 | 18:13 WIB
X