Menparekraf Ingin Terapkan PeduliLindungi di Tempat Wisata

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 14:58 WIB
SM/Birru Rakaitadewa - CENDERAMATA: Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat menerima cenderamata di Balkondes Karanganyar, Desa Karanganyar, Kecamatan Borobudur.   
SM/Birru Rakaitadewa - CENDERAMATA: Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat menerima cenderamata di Balkondes Karanganyar, Desa Karanganyar, Kecamatan Borobudur.  

 

MAGELANG, suaramerdeka-kedu.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengaku, sudah berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika ihwal penerapan aplikasi PeduliLindungi di tempat wisata.

Pasalnya, potensi lonjakan wisatawan bakal terjadi jelang libur akhir tahun.

"Saya juga sudah berhubungan dengan para penyedia jaringan (internet) untuk menempatkan jaringan-jaringan sementara (di tempat wisata)," kata Sandiaga saat konferensi pers di Balkondes Karanganyar, Desa Karanganyar, Kecamatan Borobudur, Selasa (12/10).

Baca Juga: 27 Perpustakaan Ikuti Pra Penilaian Akreditasi

Ihwal gelombang serangan pariwisata (revenge tourism) yang berpotensi memunculkan kluster Covid-19 akibat lonjakan wisatawan, Sandiaga menilai desa wisata adalah tempat paling efektif untuk menghindari gelombang tersebut.

Sandiaga lantas memberi contoh bahwa di Kecamatan Borobudur terdapat 20 desa wisata. Menurutnya wisatawan tidak boleh terkumpul dalam satu lokasi, mesti tersebar ke desa wisata lainnya.

"Dibagi di 20 (desa wisata). Balkondesnya juga jadi hidup, termasuk homestay di balkondes dan homestay di masyarakat," jelasnya. 

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

Bupati Purworejo Lantik 8 JPT Pratama

Rabu, 8 Desember 2021 | 20:14 WIB

Purworejo Terus Gali Potensi

Rabu, 8 Desember 2021 | 19:36 WIB

Bappeda Gelar Konsultasi Publik RKPD 2023

Rabu, 8 Desember 2021 | 19:00 WIB

Progress Smart City Wonosobo Capai 92,8 %

Rabu, 8 Desember 2021 | 13:59 WIB

IDP Perjuangkan Perbub Disabilitas

Selasa, 7 Desember 2021 | 19:58 WIB
X