Pengabdian Masyarakat Dengan Pelatihan Seni Teknik Kolase Memakai Limbah Kertas

- Selasa, 8 November 2022 | 16:31 WIB
Foto bersama (SM/Dok)
Foto bersama (SM/Dok)

SEMARANG BARAT, suaramerdeka-kedu.com - Pengabdian kepada masyarakat (PPM), dilaksanakan oleh salah satu dosen Seni Rupa Universitas Negeri Semarang (UNNES) dengan melakukan pelatihan keterampilan berkarya seni teknik kolase dari bahan limbah kertas bekas bagi remaja-remaja pengunjung wisata Grand Maerakaca (06/11).

Bapak Bangkit Sanjaya S. Pd, M. Sn dibantu oleh dua dosen yang memiliki pengalaman luas sebagai tutor yaitu Bapak Drs. Syakir, M. Sn didampingi oleh dosen ahli seni rupa yaitu Bapak Arif Fiyanto, S. Sn, M.Sn. Serta dibantu oleh satu mahasiswa yaitu Rosa Alifia Azzahra.

“Kegiatan ini dilakukan untuk menyinkronkan aktifitas remaja di Grand Maerakaca Pasca-Pandemi Covid-19. Dengan melakukan kegiatan pelatihan teknik kolase pada remaja-remaja pengunjung wisata Grand Maerakaca diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat untuk mendapatkan pengetahuan dan kemampuan berkarya Pasca-Pandemi Covid-19” ujar Bapak Bangkit Sanjaya S.Pd, M. Sn selaku pemateri pelatihan dan ketua tim pengabdian (Minggu, 06/11)

Metode yang digunakan dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah metode peragaan dan latihan praktik yang didukung dengan demonstrasi. Melalui peragaan dapat memberikan pemahaman tentang teknik dan media dalam pembuatan kolase berbahan limbah kertas bekas.

Hasil karya seni (SM/Dok)

Metode demonstrasi, sebagai khalayak sasaran (peserta) dan secara langsung dapat mencermati proses pembuatannya dimaksudkan menjadi luaran untuk membangkitkan motivasi, kompetensi penciptaan visual, dan pemanfaatan limbah.

Selanjutnya, kegiatan evaluasi dilaksanakan pada setiap berlangsungnya dan pada setiap akhir kegiatan. Evaluasi secara keseluruhan terhadap kegiatan pelatihan diadakan pada waktu penutupan acara pelatihan dengan mengadakan tanya jawab, dan mengapresiasi karya yang dihasilkan peserta.

Suasana pelatihan (SM/Dok)

Salah satu hasil karya remaja-remaja pengunjung Grand Maerakaca, (Minggu Siang, 6 November 2022).

Baca Juga: Gebyar UMKM di Tempuran Magelang, Ini Kegiatannya

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BOB Ingin Rebranding Gunung Kemukus

Kamis, 28 Juli 2022 | 20:33 WIB

Perlu Sinergi Bersama Untuk Antisipasi PMK

Kamis, 9 Juni 2022 | 10:52 WIB

Puji Cahyono Resmi Jabat Danrem 072/Pamungkas

Selasa, 10 Mei 2022 | 19:41 WIB

CEO PT Dafam Hotel Management Raih Best CEO 2021

Jumat, 25 Februari 2022 | 11:20 WIB
X