BOB Ingin Rebranding Gunung Kemukus

- Kamis, 28 Juli 2022 | 20:33 WIB
Kegiatan diskusi kelompok terpumpun yang diadakan BOB di Kabupaten Sragen demi rebranding Gunung Kemukus. (Dokumentasi BOB)
Kegiatan diskusi kelompok terpumpun yang diadakan BOB di Kabupaten Sragen demi rebranding Gunung Kemukus. (Dokumentasi BOB)

Demi penjenamaan ulang (rebranding) Gunung Kemukus di Kabupaten Sragen, Badan Otorita Borobudur (BOB) mengadakan diskusi kelompok terpumpun dan wisata pengenalan (familiarization trip).

Sejumlah pelaku usaha pariwisata, jurnalis, blogger, vlogger dan perwakilan Pemerintah Kabupaten Sragen mengikuti dua kegiatan itu, Sabtu dan Minggu (16-17/7/2022) lalu.

Direktur Pemasaran BOB, Agus Rochiyardi mengatakan, pihaknya merencanakan rebranding Gunung Kemukus agar lebih menarik.

Menurut Agus perlu tambahan dukungan daya tarik di kawasan itu atau sekitarnya. Misalnya menyediakan suvenir untuk buah tangan wisatawan.

"Bisa juga daerah sekitar membuat objek wisata baru yang melengkapi destinasi utama Gunung Kemukus," ujar Agus, dilansir dalam keterangan tertulisnya, Kamis (28/7/2022).

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sragen, Yuniarti menyatakan, pihaknya sudah membentuk kelompok kerja Gunung Kemukus untuk membuat suvenir khas dan pengembangan objek wisata tambahan.

"Tentu sinergi dengan BOB sangat kita butuhkan agar upaya rebranding ini bisa sukses dan objek wisata ini makin dikenal serta meningkatkan kunjungan wisatawan," jelasnya.

Gunung Kemukus merupakan objek wisata alam sekaligus religi yang terletak di Desa Pendem, Kecamatan Sumberlawang, Kabupaten Sragen. Lokasinya berada di sebuah bukit dengan ketinggian sekira 300 meter di atas permukaan laut.

Gunung Kemukus dulu dikenal sebagai tempat ritual mesum. Kini objek wisata ini disebut sudah berbenah, namanya pun berubah menjadi The New Kemukus.

Di tempat itu terdapat makam Pangeran Samudro yang menjadi daya tarik wisata religi. Pangeran Samudro adalah putra terakhir Raja Majapahit dari selirnya. Saban malam Jumat Pon dan Kliwon puncak kunjungan peziarah terjadi.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

BOB Ingin Rebranding Gunung Kemukus

Kamis, 28 Juli 2022 | 20:33 WIB

Perlu Sinergi Bersama Untuk Antisipasi PMK

Kamis, 9 Juni 2022 | 10:52 WIB

Puji Cahyono Resmi Jabat Danrem 072/Pamungkas

Selasa, 10 Mei 2022 | 19:41 WIB

CEO PT Dafam Hotel Management Raih Best CEO 2021

Jumat, 25 Februari 2022 | 11:20 WIB
X