Kapal Winposh Rampart Indonesia, lepas ke Malaysia

- Kamis, 6 Januari 2022 | 13:54 WIB
winposh rampart
winposh rampart

NASIONAL, suaramerdeka-kedu.com - Beberapa hari yang lalu Badan Penegak Hukum mendapat laporan dari perusahaan Indonesia Limin Rosmina bahwa Maritim Malaysia (APMM) kapalnya telah kehilangan tali derek saat menarik kapal tanpa awak Winposh Rampart, Senin (3/1).

ilansir dari tempo.co, Direktur APMM Laksamana Maritim Mohd Zubil Bin Mat Som di Kuala Lumpur, pada Rabu kemarin mengungkapkan, bahwa Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 15.15 WIB, di mana kedua kapal yang terlibat berada di perairan Vietnam dan kehilangan kapal tunda akibat cuaca buruk dan hanyut ke perairan Malaysia.

"Kapal tersebut (Winposh) dalam perjalanan dari Matak, Indonesia ke Yang Pu, Cina pada posisi sekitar 120 mil laut dari Kuala Terengganu, Negara Bagian Terengganu," ugkapnya.

Baca Juga: Fenomena Hujan Hewan, Seisi Kota Bau Amis

Apadun Pulau Matak berada di Kecamatan Pal Matak, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau.

Dalam hal ini pihak Malaysia mengungkapkan analisis penilaian risiko menemukan bahwa kapal Winposh Rampart berpotensi menabrak pengebor minyak (rig) Telok A milik Petronas.

Jika tidak segera mendapat pertolongan kondisi itu dapat menyebabkan rig meledak dan menimbulkan kecelakaan yang tentunya akan mengancam jiwa penumpang.

Menindaklanjuti hal tersebut, Maritim Malaysia telah mengoordinasikan bantuan dengan Petronas untuk menderek kapal Winposh Rampart ke lokasi yang lebih aman agar tidak mengakibatkan korban jiwa.

Sedangkan Petronas juga telah meluncurkan tim berupa kapal Icon Lotus dan SK Pilot sekitar pukul 10.00 pagi tadi untuk memantau dan membantu operasi.

Tim Aksi Khusus Maritim Malaysia (PTK) juga telah dikerahkan dengan pesawat AW139 untuk menganalisis situasi dan mengidentifikasi metode untuk mencegah kapal hanyut dan bertabrakan dengan anjungan minyak.

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

Siapakah Andrew Tate ? Yuk Cari Tahu Disini

Kamis, 4 Agustus 2022 | 13:11 WIB

Bela ukraina, Mantan Tentara Inggris Tewas

Senin, 13 Juni 2022 | 09:27 WIB

5 Jembatan Paling Mengerikan Di Dunia

Kamis, 20 Januari 2022 | 09:38 WIB

Korea Utara Uji Coba Rudal Hipersonik

Rabu, 12 Januari 2022 | 09:45 WIB

Kapal Winposh Rampart Indonesia, lepas ke Malaysia

Kamis, 6 Januari 2022 | 13:54 WIB

Fenomena Hujan Hewan, Seisi Kota Bau Amis

Senin, 3 Januari 2022 | 10:10 WIB

Mumi Firaun Dibuka Secara Digital, Berikut Faktanya

Rabu, 29 Desember 2021 | 14:30 WIB
X