Bakso Kaki Lima dengan 14 Varian Rasa

- Selasa, 17 Januari 2023 | 15:38 WIB
SM/Dok Kedu TV Official program Jendela Bella
SM/Dok Kedu TV Official program Jendela Bella

Magelang, suaramerdeka-kedu.com - Berbeda dengan bakso kebanyakan, Bakso Mas Cing yang dirintis sejak 2016 ini, merupakan jajanan kaki lima yang memiliki banyak varian rasa, dan digemari oleh masyarakat Magelang dan sekitarnya.

“Tahun 2012 saya kerja di tempat pembuatan bakso milik kakak, kemudian coba buka usaha sendiri mulai dari jualan es lilin sampai sayur-sayuran, tapi gak ada yang berhasil. Sampai akhirnya coba jualan bakso keliling ke sekolahan, dengan modal awal cuman Rp150.000 menggunakan kaleng khong guan dan besi bekas, belum aluminium seperti sekarang,” ucapnya saat ditemui di kediamannya, di Jurangombo Selatan, Kecamatan Magelang Selatan.

Anggi (31), selaku pemilik Bakso Mas Cing menuturkan, awalnya ingin membuat bakso urat, namun karena bahan baku yang mahal dan dengan pertimbangan dijual dengan harga kaki lima, akhirnya dia menggunakan bahan baku jamur.

“Saya mikirnya bakal untung berapa kalo bahan bakso uratnya saja mahal, kemudian eksperimen bikin bakso jamur, karena di Magelang juga belum ada. Awalnya bikin bakso jamur, telur, sama original yang kecil, biar lebih menarik saya tambahin rasa lainnya seperti keju, lava, dimsum ayam, dan sekarang jadi ada 14 macam rasa,” ujarnya.

Kini Anggi memiliki 20 karyawan dan meraih omset harian hingga sembilan juta rupiah, dengan sebelas cabang di wilayah Magelang.

“Cabang pertama ada di Plengkung, dan ada juga yang di Temanggung di samping SMPN 6 Temanggung. Yang jualan kebanyakan teman-teman saya dulu sama anak-anak kampung sini, dan dalam sehari kurang lebih ada sekitar satu kuintal daging ayam sama sapi yang dicampur, yang kami produksi mulai pukul tiga sampai setengah delapan pagi,” terangnya.

Selain membuka cabang, dia juga menerima pesanan seperti acara pernikahan, serta banyak pihak yang menawarkan untuk membuka franchise di berbagai daerah.

”Untuk franchise banyak yang minta, ada dari Jogja, Salatiga bahkan sampai Bali. Tapi pertimbangannya bakso itu makanan yang cepat basi jadi saya belum berani. Kalau cabang itu saya milih sendiri tempatnya,” jelasnya. (dek)

Video lebih lengkap mengenai Bakso Mas Cing, dapat Anda lihat melalui link berikut ini KLIK DI SINI

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

Bakso Kaki Lima dengan 14 Varian Rasa

Selasa, 17 Januari 2023 | 15:38 WIB
X