Mana Lebih Baik, Cuci Tangan Pakai Sabun atau Hand Sanitizer

- Senin, 17 Oktober 2022 | 11:15 WIB
Perbedaan mencuci menggunakan sabun dan air mengalir
Perbedaan mencuci menggunakan sabun dan air mengalir

WONOSOBO, suaramerdeka-kedu.com - Dinas Kesehatan Wonosobo merekomendasikan untuk selalu membiasakan diri mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir. Kebersihan tangan berpengaruh terhadap kesehatan tubuh seseorang.

Cuci tangan menggunakan sabun nampak terlihat sepele namun penting dilakukan. Hal ini penting dibiasakan guna membunuh kuman-kuman penyakit yang bersarang di tangan. Mencuci tangan dengan sabun juga harus dilakukan dengan langkah-langkah yang benar.

Baca Juga: Kecelakaan di Jalan Provinsi Purworejo - Magelang Sebabkan Macet 4 Jam

Kepala Dinas Kesehatan Wonosobo dr. M. Riyatno menjelaskan, mencuci tangan menggunakan sabun adalah yang terbaik dan ideal. Hal ini penting digalakkan, sebab sumber segala jenis penyakit berawal dari tingkat higienitas seseorang.

Lalu bagaimana jika menggunakan hand sanitizer? Dia merekomendasikan penggunaan hand sanitizer ini bisa dilakukan dalam situasi mendesak. Misalnya saja ketika tidak bisa menemukan air mengalir dan sabun.

"Hand sanitizer itu sifatnya sementara dan tergantung komposisinya. Kalau di dalamnya mengandung lebih banyak alkohol itu akan berpengaruh pada kulit manusia, terutama yang sensitif," kata Riyatno pada saat acara peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia, di SMP Negeri 2 Selomerto, Jumat (14/10).

Baca Juga: Garuda UNY Eco Team Raih Juara di Shell Eco Marathon

Pun demikian ketika hendak makan. Segelintir orang memakai hand sanitizer sebelum mereka menyantap makanannya. Riyatno menyarankan hendaknya pemakaian ini menunggu sampai hand sanitizer kering.

"Sekali lagi tergantung komposisinya, kalau banyak alkoholnya tunggu sampai kering dulu. Tapi tetap saya sarankan sebaiknya menggunakan air mengalir dan sabun. Satu lagi agar selalu menjaga kebersihan kuku, sampai tak ada kotoran sekecil apapun di sela-selanya," tutup Riyatno. (ang)

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

Resep dan Bahan Membuat Perkedel Kentang tanpa Telur

Senin, 5 September 2022 | 11:29 WIB

4 Fitur Android dan IOS yang Sering Dilupakan

Jumat, 5 Agustus 2022 | 14:13 WIB

5 Cara cepat menurunkan berat badan sebelum menikah

Jumat, 5 Agustus 2022 | 10:16 WIB

10 Cara Memanfaatkan Telur sebagai Sumber Protein

Kamis, 4 Agustus 2022 | 13:48 WIB

Resep Gudeg Gurih Manis Untuk 3 Porsi

Rabu, 6 Juli 2022 | 09:06 WIB
X