Browser Internet Explorer Resmi Ditutup: Setelah 27 Tahun Beroprasi.

- Jumat, 17 Juni 2022 | 16:27 WIB
Ilustrasi Internet Explorer (Dok. Tempo) (Ida Farida)
Ilustrasi Internet Explorer (Dok. Tempo) (Ida Farida)

 

GAYA HIDUP, suaramerdeka-kedu.com – Bagi pengguna computer jadul pasti sudah tak asing lagi dengan Internet Explorer, bagi warganet juga sedikit banyak sudah ada yang pernah menggunakan Peramban Internet tersebut, meski lebih banyak digunakan jaman dahulu.
 
Sangat disayangkan sekali mungkin bagi pengguna yang masih setia menggunakan peramban tersebut, karena harus mengucapkan selamat tinggal kepada Internet Explorer (IE), karena pada 15 Juni 2022 Peramban Internet desktop tersebut akan resmi ditutup yang setelah 27 tahun browser ini menjadi aplikasi default di OS Windows.
 
Adapun demikian Internet Explorer (dahulu Microsoft Internet Explorer) pertama kali dikenalkan pada 17 Agustus 1995. Browser ini dibuat dari source code browser Mosaic buatan Spyglass Inc. Kala itu Microsoft membeli lisensi dari Spyglass Mosaic.
 
Diketahui saat pertama kali dikenalkan 27 tahun lalu, popularitas Internet Explorer memang sangat tinggi. Hanya saja hadirnya browser-browser baru seperti Firefox buatan Mozilla dan Chrome dari Google membuat nama Internet Explorer jadi tenggelam. Microsoft sendiri merespons dengan membuat Microsoft Edge.
 
Dengan demikian, Microsoft akan menghentikan segala dukungan untuk Internet Explorer. Termasuk tidak akan ada lagi fitur baru atau update keamanan lagi di masa depan. Adapun itu dampaknya akan terasa pada komputer dan laptop lama yang ada di perkantoran.
 
Meskipun resmi ditutup namun menurut Microsoft bukan berarti layanan Internet Explorer akan menghilang dari seluruh perangkat komputer atau laptop. Internet Explorer masih tetap ada, hanya saja Microsoft tidak lagi memberikan pengembangan atau dukungan buat browser yang sudah berusia 27 tahun itu.
 
Tercatat sejak 2013, Microsoft memang sudah mengenalkan browser baru bernama Microsoft Edge. Mereka juga meminta agar pengguna Internet Explorer untuk pindah ke browser yang lebih moderen itu.
 
Microsoft Edge jauh lebih cepat, lebih aman dan memberikan pengalaman berselancar lebih moderen dibanding Internet Explorer. “Selain itu bisa mengatasi berbagai masalah yang tidak bisa diatasi oleh Internet Explorer," tulis Microsoft dalam keterangan resmi.
 
Untuk itu sebaliknya pemilik laptop dan komputer lawas otomatis harus mengganti Internet Explorer dengan Microsoft Edge. Bahkan dampak yang lebih besar akan terasa oleh perusahaan yang melengkapi komputer kantor dengan sistem lama berikut versi Windows yang telah usang. Alhasil browser baru tidak akan bisa diperbarui.
 

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

4 Fitur Android dan IOS yang Sering Dilupakan

Jumat, 5 Agustus 2022 | 14:13 WIB

5 Cara cepat menurunkan berat badan sebelum menikah

Jumat, 5 Agustus 2022 | 10:16 WIB

10 Cara Memanfaatkan Telur sebagai Sumber Protein

Kamis, 4 Agustus 2022 | 13:48 WIB

Resep Gudeg Gurih Manis Untuk 3 Porsi

Rabu, 6 Juli 2022 | 09:06 WIB

Website Untuk Melihat Serangan Cyber Realtime

Selasa, 8 Maret 2022 | 12:53 WIB

Nikah di ARTOTEL Mulai 9,9 Juta

Rabu, 2 Maret 2022 | 05:30 WIB
X